Pertemuan 4 Mata Jokowi-Ma'ruf Bahas Reshuffle, Inikah Nama-nama Calon Menteri Baru? | Bondowoso TIMES

Pertemuan 4 Mata Jokowi-Ma'ruf Bahas Reshuffle, Inikah Nama-nama Calon Menteri Baru?

Dec 21, 2020 14:35
Jokowi dan Ma'ruf Amin (Foto:  Alinea.ID)
Jokowi dan Ma'ruf Amin (Foto: Alinea.ID)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin telah mengadakan rapat internal berdua, Senin (21/12/2020). Diduga salah satu pembahasan dalam rapat tersebut yakni mengenai reshuffle Kabinet Indonesia Maju.  

Dijelaskan oleh jubir Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi,  rapat ini tidak melibatkan para menteri. Jokowi dan Ma'ruf Amin membicarakannya secara empat mata.

Baca Juga : Kabar Terkini, Begini Kelanjutan Janji Sutiaji Pertemukan Aremania dengan Yayasan Arema

Sayangnya, Masduki tak menjelaskan detail apa yang akan dibahas oleh Jokowi dan Ma'ruf.  "Kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam. Saya tidak tahu karena tidak ada penjelasan," ujar Masduki.

Dijadwalkan bahwa Jokowi dan Ma'ruf menggelar rapat di Istana Negara sejak pukul 10.00 WIB hingga siang ini.  

Perihal isu reshuffel kabinet ini memang sudah terdengar sejak lama.  Terlebih setelah Menteri KKP Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara terjerat kasus korupsi.  

PKB mengaku sudah mendengar jumlah menteri yang akan kena reshuffle.   "Saya dengan ada enam," ujar Ketua DPP PKB Faisol Riza.  Kendati demikian, Faisol mengatakan tak menutup kemungkin akan lebih dari itu.  

Lantas siapa saja nama=nama calon menteri baru nantinya?  Dari isu yang beredar, terdapat enam kementerian yang kabarnya akan di-reshuffle yakni Kemenkes, Kemenparekraf, Kemensos, Kemendag, Kemenag, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga : Wakil Bupati Jember Mengaku Stres karena Belasan Kebijakan Dianggap Keliru

Isu yang paling hangat diperbincangkan akhir-akhir ini yakni sosok Sandiaga Uno yang disebut akan masuk bursa calon menparekraf.  Sementara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menjadi Menteri Sosial pengganti Juliari.  

Lalu ada nama M. Luthfi yang kini menjadi dubes RI di AS masuk dalam bursa calon menteri perdagangan.   Ada pula calon Menteri Agama yakni Katib Aaam PBNU Yahya Cholil Staquf.. Terakhir muncul nama Wahyu Sakti Trenggono yang disebut akan bertugas sebagai menteri KKP.  

Topik
Presiden Joko Widodo Reshuffle Kabinet Kabinet Indonesia Maju

Berita Lainnya