75 Nakes RSUD dr. Koesnadi Bondowoso Telah Divaksin | Bondowoso TIMES

75 Nakes RSUD dr. Koesnadi Bondowoso Telah Divaksin

Jan 28, 2021 18:52
Saat proses vaksinasi berlangsung (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES).
Saat proses vaksinasi berlangsung (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES).

BONDOWOSOTIMES - Sebanyak 75 tenaga kesehatan (Nakes) RSUD dr Koesnadi Bondowoso disuntik Vaksin Covid-19, Kamis (28/1/2021). Sebelum disuntik, puluhan tenaga medis menjalani serangkaian tahapan prosedur. Mulai melakukan pendaftaran maupun  verifikasi data.

Selanjutnya, petugas kesehatan melakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi komorbid pada penerima vaksin. Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan fisik sederhana. Setelah itu baru dilakukan vaksinasi.

Baca Juga : Dimulai, Ribuan Nakes di Tulungagung Mulai Jalani Vaksinasi

Terakhir, penerima vaksin diminta menunggu 30 menit sebagai antisipasi bila ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Wakil Direktur RSUD dr Koesnadi, Moch Jasin mengatakan, vaksinasi untuk nakes dimulai hari ini sampai dengan Minggu (31/1/2021) besok. Adapun sasarannya ada sekitar 568 tenaga kesehatan yang ada di RSUD dr Koesnadi Bondowoso.

"Hari ini ditargetkan 75 orang menerima vaksin Sinovac, Jumat 100 orang, Sabtu 200 orang dan sisanya pada Hari Minggu," katanya saat dikonfirmasi.

Dia mengakui bahwa selain karena komorbid, ada beberapa nakes belum bisa divaksin karena belum mendapatkan jatah.

"Nanti pada tahap berikutnya. Serta ada yang juga pernah terpapar Covid-19 juga tidak divaksin karena dianggap sudah mempunyai kekebalan," imbuhnya.

Namun demikian kata dia, pada tahap selanjutnya bisa divaksinasi karena mungkin setelah 6 bulan kekebalannya menurun.

"Tetapi saat ini diutamakan yang belum mempunyai kekebalan. Kan vaksinnya masih terbatas," jelasnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, meskipun sudah divaksin tidak semerta-merta Nakes abai terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga : Pasien Isolasi Mandiri Covid-19 Wajib Punya Oximeter, Apa Fungsinya?

"Antibodi baru akan terbentuk sejak hari ke-7. Baru nanti naik pada hari ke-14. Maka minimal 14 hari setelahnya bisa diinjeksi ulang," jelasnya.

Pantauan di lokasi, penerima vaksin yang telah disuntik menerima sertifikat, sebagai bukti bahwa mereka selesai divaksin. Sementara untuk vaksin Sinovac sudah mulai didistribusikan ke setiap puskesmas sejak (27/1/2021) kemarin.

Pada tahap pertama Kabupaten Bondowoso menerima 2.400 dosis vaksin Covid-19 Selasa (26/1/2021) dini hari kemarin sekitar Pukul 01.00 WIB. Sejumlah calon penerima sudah menjalani skrining vaksin Covid-19 sebelum disuntik.

Tahap pertama Kabupaten Bondowoso menerima 2.400 dosis Selasa (26/1/2021) dini hari kemarin sekitar Pukul 01.00 WIB. Jumlah dosis tersebut diperuntukkan pada 1.200 penerima termasuk Forkopimda.

 

Topik
Vaksin Covid 19 vaksin sinovac vaksinasi bondowoso

Berita Lainnya