DR. Edi Purwanto: Lumajang MemiIiki Tanaman Kopi Robusta Terluas di Jatim | Bondowoso TIMES

DR. Edi Purwanto: Lumajang MemiIiki Tanaman Kopi Robusta Terluas di Jatim

Feb 20, 2021 18:59
DR. Edi Purwanto, STP, MM. Wakil Ketua KADIN Jawa Timur (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
DR. Edi Purwanto, STP, MM. Wakil Ketua KADIN Jawa Timur (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES - Wakil Ketua Kadin Jatim Bidang Pertanian dan Pangan, DR. H. Edi Purwanto, STP, MM mengatakan, sebenarnya Lumajang memiliki luasan tanaman kopi Robusta terluas di Jawa Timur.

Potensi ini jika dihubungkan dengan jaringan pasar yang lebih luas, maka akan menjadi potensi ekonomi yang sangat bagus bagi petani kopi di Kabupaten Lumajang.

Baca Juga : 51 Paus Tewas Secara Massal, Hanya Satu Selamat di Jatim

"Dibandingkan dengan Situbondo dan Banyuwangi, luasan tanaman kopi Robusta Kabupaten Lumajang sebenarnya jauh lebih tinggi," kata DR. Edi Purwanto, kepada Jatimtimes, hari ini, Sabtu (20/2) di sela-sela acara Mukab Kadin Lumajang.

Yang lebih menarik lagi, masih kata DR. Edi Purwanto, rasa kopi Robusta di Lumajang juga lebih baik. Hanya saja belum terintegrasi dengan pasar yang lebih luas.

"Ini mungkin soal jaringan, branding dan pendekatan kepada pasar yang lebih luas. Lumajang perlu pendekatan kepada pasar dengan cara yang lebih kreatif agar kopi Robusta dari Lumajang bisa dikenal lebih luas," kata DR. Edi Purwanto.

Menurut DR. Edi Purwanto, sampai saat ini jika bicara soal kopi Robusta, yang paling dikenal adalah Robusta dari Banyuwangi dan Situbondo.

"Ini benar-benar soal brand dan image kopi Robusta di Lumajang yang harus segera dibangun, agar potensi yang besar ini bisa bermanfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat Lumajang, khuusnya petani kopi," harap Dr. Edi Purwanto.

Baca Juga : Calon Tunggal, Agus Setiawan Terpilih Sebagai Ketua Kadin Lumajang

Selanjutnya Edi Purwanto juga berharap agar pengusaha di Lumajang yang tergabung dalam Kadin juga membantu proses branding dan pemasaran ini, agar potensi Lumajang bisa dikenal lebih luas.

"Semoga Kadin Lumajang kedepannya bisa memanfaatkan peluang dari Kopi Robusta ini menuju pasar yang lebih luas, disamping peran pemeritah daerah tentunya," pungkas Dr. Edi Purwato kemudian.  

Topik
kopi robusta kopi robusta lumajang DR. Edi Purwanto STP, MM. kadin lumajang Kadin Jawa Timur Berita Lumajang hari Ini

Berita Lainnya