Bupati Ipuk Respon Usulan Beasiswa Mahasiswa yang Kuliah di Banyuwangi | Bondowoso TIMES

Bupati Ipuk Respon Usulan Beasiswa Mahasiswa yang Kuliah di Banyuwangi

Mar 14, 2021 19:13
Bupati Banyuwangi dan Rektor Untag 45 Banyuwangi menunjukan nota kesepahaman yang ditandatangi (Nurhadi Banyuwangi/JatimTimes)
Bupati Banyuwangi dan Rektor Untag 45 Banyuwangi menunjukan nota kesepahaman yang ditandatangi (Nurhadi Banyuwangi/JatimTimes)

BANYUWANGITIMES - Menindaklanjuti penandatanganan (MoU) antara Pemkab Banyuwangi dan usulan perguruan tinggi (PT) yang ada di wilayah Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas Bupati Banyuwangi akan melakukan pembagian program Banyuwangi Cerdas. Tidak hanya bagi mahasiswa yang kuliah di luar kota Banyuwangi, tapi juga akan dialokasikan untuk mahasiswa yang kuliah di Banyuwangi.

Menurut Ipuk, program yang akan dilakukan adalah mewujudkan harapan anak-anak/mahasiswa Banyuwangi yang tetap ingin kuliah di Banyuwangi karena berbagai alasan. Mulai karena sambil bekerja, mengurus orangtua dan beberapa alasan yang lain.

Baca Juga : Mantan Rektor UINSA: Saya Meresmikan Program Beasiswa Tahfidz lewat SK 

 

“Usulan Rektor Untag sudah kami akomodir. Nanti kami bagi program Banyuwangi Cerdas tidak hanya untuk perguruan tinggi di luar Banyuwangi tetapi juga untuk universitas/PT yang ada di Banyuwangi,” jelas Ipuk.

Adapun program Banyuwangi Cerdas yang dilakukan oleh pemerintah Banyuwangi pada dasarnya ada tiga macam, yaitu beasiswa untuk riset/skripsi, beasiswa tahunan dan beasiswa full.

Selama ini, lanjut Ipuk, program Banyuwangi Cerdas diperuntukan bagi mahasiswa Banyuwangi yang menempuh kuliah di beberapa PT yang ada di luar Banyuwangi. Dengan adanya penandatangan MoU maka program beasiswa tersebut akan diberikan juga bagi mereka yang kuliah di kota Banyuwangi.

Sementara Andang Subahariyanto Rektor Untag 45 Banyuwangi mengungkapkan, dalam pengembangan bidang pendidikan, salah satu Tri Dharma PT membutuhkan support dan dukungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

“Mahasiswa yang kuliah di luar Banyuwangi penting untuk terus dilanjutkan, namun jangan kemudian kami yang ada di sini tidak diperhatikan. Kami berharap bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang kuliah di Banyuwangi sangat dibutuhkan. Mahasiswa akan mendapatkan keringanan sehingga akan mengurangi angka putus kuliah yang ada di Banyuwangi,” pinta Andang.

Selanjutnya dia menuturkan, berdasarkan data yang ada jumlah mahasiswa yang putus kuliah di Untag 45 Banyuwangi cukup tinggi dan salah satu faktor utamanya adalah karena faktor kesulitan ekonomi. Apabila ada bantuan dari Pemkab Banyuwangi, maka angka putus kuliah tersebut bisa ditekan. 

Baca Juga : Arus Mudik Kendaraan Hari Raya Nyepi 2021 Menurun Drastis 

 

Secara tidak langsung hal ini akan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa untuk menggapai harapan dan masa depan yang lebih baik.

 

 

Topik
banyuwangi cerdas Bupati Banyuwangi Program Beasiswa berita kabupaten banyuwangi

Berita Lainnya