Bupati Bondowoso Berharap KPM Jatim Puspa Segera Mandiri Ekonomi | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Bupati Bondowoso Berharap KPM Jatim Puspa Segera Mandiri Ekonomi

Apr 07, 2021 17:14
Asisten III Pemkab Bondowoso Wawan Setiawan (Tengah) (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES)
Asisten III Pemkab Bondowoso Wawan Setiawan (Tengah) (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES)

BONDOWOSOTIMES - Pemerintah Kabupaten Bondowoso melakukan sosialisasi Program Jatim Puspa (Pemberdayaan Usaha Perempuan) Tahun 2020 di Aula Sabha Bina l, Rabu (7/4/2021). Peserta sosialisasi berjumlah 60 orang. Meliputi camat, pendamping Kabupaten Jatim Puspa, kepala desa, pendamping desa, dan calon penerima bantuan. 

Bupati Bondowoso melalui Asisten III, Wawan Setiawan, mengatakan, Jatim Puspa merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penanganan dampak covid-19, salah satunya dengan pemberdayaan usaha perempuan (Jatim Puspa) yang difokuskan untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga : Permudah Layanan, Bank Jatim Support Pembayaran SPPT-PBB di Berbagai Platform Marketplace

"Sasaran Jatim Puspa perempuan yang memiliki usaha dan memiliki tingkat kesejahteraan 8-12 % terendah berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos," ujarnya.

Selain itu, kata Wawan, program Jatim Puspa untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan sehingga dapat meningkatkan ketahanan sosial dan ekonominya.

"Dengan program ini, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di desa di tengah pandemi covid-19 bisa meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Haeriyah, mengatakan, program ini untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan program penanggulangan kemiskinan perdesaan melalui fasilitasi bantuan dan pendampingan bagi KPM.

"Selain pendampingan usaha KPM oleh pendamping desa, juga mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas usaha KPM," ucapnya.

Baca Juga : Disinyalir Banyak Pungli, Massa Aksi Tuntut Kepala DPMPTSP Bangkalan Mundur dari Jabatannya

Untuk informasi, pada Tahun 2021 ini terdapat total 295 KPM di sembilan desa yang ada di lima kecamatan se Kabupaten Bondowoso dengan total bantuan keuangan khusus sebesar Rp 866.875.000.

Adapun sembilan desa tersebut adalah Desa Tanah Wulan Kecamatan Maesan, Desa Pekauman Kecamatan Grujugan, Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan, Desa Tegal Mijin Kecamatan Grujugan, Desa Mengen Kecamatan Tamanan, Desa Sumber Anom Kecamatan Tamanan, Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumber Wringin, Desa Rejo Agung Kecamatan Sumber Wringin, dan Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemkab Bondowoso Bupati Bondowoso

Berita Lainnya