89 Peserta Kejar Paket B Ikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan | Bondowoso TIMES

89 Peserta Kejar Paket B Ikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan

Apr 09, 2021 17:35
Peserta UPK Kejar Paket B PKBM Mitra saat memulai mengerjakan soal ujian (Nurhadi/BanyuwangiTIMES)
Peserta UPK Kejar Paket B PKBM Mitra saat memulai mengerjakan soal ujian (Nurhadi/BanyuwangiTIMES)

BANYUWANGITIMES - 89 warga belajar (WB) peserta program kelompok belajar (Kejar) Paket B di di Kecamatan Glagah dan Licin mengikuti ujian pendidikan kesetaraan (UPK) atau ujian akhir paket B setara dengan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

UPK tersebut digelar oleh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Mitra Tamansuruh Kecamatan Glagah, Banyuwangi yang memakai ruang SD Negeri Banjarsari 2 Kecamatan Glagah.

Baca Juga : Tanam Jiwa Wirausahawan Sejak Muda, Ini Tips Ide Usaha yang Banyak Digemari Mahasiswa

Menurut Agus Imron, Kepala PKBM Mitra Tamansuruh, pelaksanaan ujian nasional kelompok belajar (Kejar) Paket B akan dilaksanakan selama 4 hari mulai Rabu (7/4/2021) sampai dengan Sabtu (10/4/2021).

Dia menuturkan, sebenarnya total warga belajar yang terdaftar 98, namun yang mengikuti UPK 89. ”Mereka yang belum mengikuti UPK saat ini sebagian di luar kota. Ada juga yang baru saja melahirkan. Sedangkan untuk peserta termuda usia 15 tahun dan yang tertua usia 52 tahun,” jelas Agus.

Selanjutnya terkait dengan latar belakang pekerjaan peserta kejar Paket B yang menjadi WB PKBM Mitra Tamansuruh ada bermacam-macam. Mulai dari buruh harian lepas, seperti kuli bangunan, buruh tani, asisten rumah tangga dan lain sebagainya.

Sedangkan mata pelajaran yang harus diikuti oleh peserta ujian pendidikan kesetaraan (UPK) adalah Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris dan Praktek Pendidikan Jasmani (Penjas) dan Seni Budaya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, bagi peserta UPK yang dinyatakan lulus bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu kejar Paket C. Bahkan mereka yang usianya masih di bawah 18 tahun bisa melanjutkan ke sekolah formal SMA/SMK/MA.

Baca Juga : Jelang Ramadhan Harga Ayam Mulai Naik, Diskopindag Kota Malang akan Gelar Pasar Murah

”Sedangkan ujian susulan direncanakan digelar Minggu-Senin (11-12), namun menunggu peserta yang datang dari luar kota dan semua peserta siap,” pungkasnya.

 

 

Topik
warga belajar kejar paket b ujian pendidikan kesetaraan pkbm mitra tamansuruh

Berita Lainnya