DPRD dan PLN Banyuwangi Cari Solusi, Permainan Layang-layang Tak Ganggu Layanan Listrik | Bondowoso TIMES

DPRD dan PLN Banyuwangi Cari Solusi, Permainan Layang-layang Tak Ganggu Layanan Listrik

Apr 23, 2021 18:53
Manajer PLN UP3 Banyuwangi,  Krisantus H. Setyawan (Nurhadi BanyuwangiTIMES)
Manajer PLN UP3 Banyuwangi,  Krisantus H. Setyawan (Nurhadi BanyuwangiTIMES)

BANYUWANGITIMES - Dalam upaya menjaga keandalan persediaan dan meminimalisir gangguan pasokan listrik, PLN  Banyuwangi menggelar rapat koordinasi dengan  Bapemperda DPRD di Ruang Rapat Komisi III DPRD, Jumat (23/4/2021).

Menurut Manajer PLN UP3 Banyuwangi  Krisantus H. Setyawan, dalam pembahasan Raperda Ketertiban Umum, khususnya terkait pengaturan bermain layang-layang pihaknya berupaya memberikan masukan saran dan mencari solusi terbaik. Bagaimana supply listrik di wilayah Banyuwangi bisa handal di satu sisi dan masyarakat bisa memelihara, menjaga dan melestarikan tradisi budaya bermain layang-layang yang menjadi salah satu sajian bagi wisatawan yang datang ke Banyuwangi.

Baca Juga : Di SD Muhammadiyah 5, Wakil Ketua Fraksi PKS Beber Lima Poin untuk Sukses Capai Tujuan

“Kami akan melakukan pembahasan lagi bersama dewan untuk menentukan daerah-daerah yang benar-benar aman. Salah satu yang cukup mengganggu selama ini penggunaan senar untuk layangan bendhetan yang nyangkut di kabel PLN dan mengakibatkan gangguan jaringan listrik,” ucap Krisantus.

Sementara Sofiandi Susiadi Ketua Bapemperda DPRD Banyuwangi menuturkan, pihaknya memberikan draft raperda ketertiban umum kepada PLN Banyuwangi khususnya yang mengatur permainan layang-layang di Banyuwangi.

“Kami sudah merumuskan tentang pengaturan permainan layang-layang dalam salah satu klausul dan draft tersebut sudah diberikan kepada PLN Banyuwangi untuk dipelajari lebih lanjut. Kami juga menyarankan untuk tim akademis untuk melakukan penelitian di lapangan agar apa yang dihasilkan dapat dipertangungjawabkan secara akademis,” jelas Sofi.

Selanjutnya Politisi Partai Golkar tersebut menambahkan, dalam pertemuan selanjutnya dewan berharap PLN Banyuwangi mampu memberikan penjelasan teknis ukuran layangan yang diperbolehkan, jenis benang atau tali yang bisa dipakai, zonasi maupun jarak aman bermain layang-layang dengan gardu induk maupun kabel listrik.

Baca Juga : Sambut Lebaran, Mowilex THR Kembali Hadir di Graha Bangunan, Hadiah Lima Kali Lebih Banyak

Sofie menegaskan, pihaknya berharap Raperda Ketertiban Umum yang dihasilkan mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap kemungkinan terjadi gangguan listrik sekaligus tidak mematikan kreatifitas masyarakat untuk bermain layang-layang sebagai atraksi wisata bagi tamu yang datang ke Banyuwangi.

Topik
pln banyuwangi DPRD Kabupaten Banyuwangi permainan layang layang ranperda ketertiban umum berita kabupaten banyuwangi

Berita Lainnya