Telegram Bakal Hadirkan Fitur Baru Video Call Grup, Mirip Zoom | Bondowoso TIMES

Telegram Bakal Hadirkan Fitur Baru Video Call Grup, Mirip Zoom

Apr 30, 2021 09:12
Telegram (Foto: daldisa.com)
Telegram (Foto: daldisa.com)

INDONESIATIMES - Diklaim saingi aplikasi chat WhastApp, kini Telegram rupanya semakin memanjakan penggunanya. Melansir melalui The Verge, CEO Telegram Pavel Durov mengumumkan akan segera menghadirkan fitur baru yakni video call berkelompok (group video call). 

Fitur baru itu, disebut-sebut mirip dengan Zoom. Rencananya, fitur baru ini akan diluncurkan pada Mei mendatang.

Baca Juga : Viral, Perempuan Sehat ini Dikirimi Buku Yasin Tanda Kematian Lantaran Tak Bayar Iuran Arisan Online

Fitur video call grup di Telegram ini akan dilengkapi dengan berbagi layar (screen sharing), enkripsi, hingga penyaring suara latar (noise-cancelling). Layanan video call kelompok ini juga bisa dilakukan melalui ponsel, tablet, dan desktop.

"Ngomong-ngomong soal video call, kami akan menambahkan video pada layanan panggilan suara Mei, membuat Telegram jadi platform yang kuat buat video call berkelompok," jelas Durov seperti dikutip lewat akun resmi di Telegram @durov.

"Semua fitur yang Anda harapkan dari perangkat video call modern, tapi dengan antarmuka, kecepatan, dan enkripsi (khas) Telegram," tambahnya. 

Sejatinya, fitur baru ini direncanakan meluncur pada 2020, sayangnya belum bisa terwujud. Hingga pada Agustus lalu perusahaan hanya menambahkan fitur enkripsi end-to-end saat pengguna melakukan panggilan video call dengan satu orang lain.

Seperti diketahui, padahal Whatsapp sudah menambahkan fitur enkripsi video call antar pengguna sejak 2018. Namun, berbagai fitur video conference lain seperti yang akan ditambahkan oleh Telegram memang belum tersedia di layanan pesan instan tersebut. 

Baca Juga : Viral Video Munarman dengan Wanita di Sebuah Hotel, Ternyata Istri Kedua

Fitur-fitur tersebut sudah tersedia di layanan video conference lain seperti Google Meet dan Zoom. Telegram sendiri mendapat banyak tambahan pengguna selama pandemi, lantaran banyak yang ingin memanfaatkan layanan pesan instant ini saat mereka di rumah saja.

Bahkan pada April 2020 Telegram memiliki 400 juta pengguna aktif bulanan dari 200 juta di 2018. Sebagian tambahan pengguna tersebut terjadi akibat isu data pribadi Whatsapp. Sehingga mendorong sebagian pengguna WhatsApp beralih ke Signal dan Telegram.

Topik
Fitur Baru Telegram video call grup Video Call Grup Telegram WhatsApp Dunia teknologi

Berita Lainnya