Masa Libur dan Jelang Lebaran Jumlah Permohonan Adminduk Meningkat | Bondowoso TIMES

Masa Libur dan Jelang Lebaran Jumlah Permohonan Adminduk Meningkat

May 06, 2021 18:46
Juang Pribadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi (Nurhadi/BanyuwangiTIMES)
Juang Pribadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi (Nurhadi/BanyuwangiTIMES)

BANYUWANGITIMES - Permintaan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Banyuwangi memasuki liburan dan menjelang hari raya Idul Fitri mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Menurut Juang Pribadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Banyuwangi, pada dasarnya layanan adminduk yang dilakukan berjalan lancar seperti hari biasa. Namun karena sebagian masyarakat yang bekerja di luar kota Banyuwangi sedang libur maka mereka menyempatkan mengurus E-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Adminduk lain untuk kepentingan kerja, sekolah, urusan kesehatan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Mudik Dilarang, Begini Cara Asyik Silaturahim Lebaran di Tengah Pandemi

“Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir kesadaran warga masyarakat Banyuwangi untuk mengurus adminduk mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Mereka mau mengurus sendiri dan tidak menggunakan jasa pihak ketiga. Apalagi sekarang semua bisa dilakukan dengan sistem online,” jelas Juang kepada BanyuwangiTimes.com di kantor Kecamatan Kalibaru, Kamis (6/5/2021).

Selanjutnya untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan adminduk bagi warga masyarakat, Dispendukcapil menggelar Pelayan Adminduk Banyuwangi (Pelangi) bergabung dalam program Bupati Ngantor di Desa (Bungadesa). Inovasi dari Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam menuntaskan berbagai permasalahan warga yang salah satunya terkait dengan adminduk.

Kemudian untuk membantu memudahkan warga masyarakat yang sudah sepuh, tidak mampu bepergian jauh  dan kesulitan untuk pergi ke kota, Dispendukcapil memiliki program  jemput bola untuk melayani E-KTP maupun dokumen lain dengan mengantar langsung ke desa atau Go On Document (Godac).

“Bagi masyarakat desa yang lanjut usia dan tidak bisa kemana-mana, Ketua RT atau pihak desa bisa memberikan informasi kepada kami. Nanti ada petugas khusus Dispendukcapil Banyuwangi dengan menggunakan sepeda motor mengantar dokumen sesuai dengan permintaan dari pihak desa,” jelas Juang.

Baca Juga : Sederet Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara, Di Turki Hanya Pria Saja yang Salat Id di Masjid

Salah satu kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan adminduk, karena sudah menggunakan sistem maka pada saat server di pusat mengalami gangguan otomatis pelayanan Banyuwangi juga mengalami gangguan. “Namun sejauh ini permasalahan yang terjadi bisa diatasi oleh petugas,” pungkas mantan Kabag Protokol Pemkab Banyuwangi tersebut.

 

Topik
dispendukcapil kabupaten banyuwangi layanan adminduk melonjak adminduk banyuwangi hari libur dan lebaran

Berita Lainnya