Sindikat Pengedar Bubuk Mercon Disikat Polres Bondowoso | Bondowoso TIMES

Sindikat Pengedar Bubuk Mercon Disikat Polres Bondowoso

May 07, 2021 17:18
Wakapolres Bondowoso, AKP Susiyanto saat menunjuk barang bukti (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Wakapolres Bondowoso, AKP Susiyanto saat menunjuk barang bukti (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

BONDOWOSOTIMES - Polres Bondowoso berhasil mengungkap kasus sindikat pengedar bubuk mercon. Ada lima pelaku yang berhasil ditangkap, Jum'at (7/5/2021).

Wakapolres Bondowoso AKP Susiyanto, dalam pers conference menerangkan, kelima orang itu di antaranya yakni N, R, S, SA, dan NA. Mereka masuk dalam jaringan penjual mercon Ramli Idris, yang sebelumnya telah ditangkap bersama pembuat bubuk merconnya, Ahmadi. 

Baca Juga : Dijamin Tidak Bisa Lolos, Polres Madiun Pasang CCTV Disetiap Pos Penyekatan

"Penangkapan mereka ini merupakan pengembangan dari penangkapan Ramli Idris dan Ahmadi sebelumnya," kata Susiyanto. 

Pembelian awal para tersangka kemudian menjual kembali bubuk mercon dengan harga Rp 2.500 per ons. 

"Dijual lagi kepada SA dan NA. Selanjutnya oleh dua tersangka ini telah dibuat mercon rentengan dengan panjang kurang lebih 4 meter, berisi 200 selongsong mercon," ungkapnya. 

Menurut Susiyanto, para pelaku ini  disangkakan melanggar Pasal 1 ayat (1) Jo Pasal 1 ayat (3)  UU Darurat RI Nomor 12 tahun 1951.

“Mereka terancam dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya 20 tahun,” ujarnya.

Baca Juga : Saling Ejek Dagangan Online, 2 Sahabat di Jember Duel Bawa Samurai

Sebelumnya, Polres Bondowoso mengamankan 208 bungkus bubuk mercon bertakaran masing-masing 1 ons yang disebut akan dijual pada malam Idul Fitri 1442 H. Turut pula diamankan 1.187 selongsong mercon berbagai jenis ukuran.

Menurut Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz semua bukti tersebut didapat dari hasil penangkapan dua orang tersangka di dua lokasi berbeda. Penangkapan pertama dilakukan terhadap Ramli Idris (45), warga Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari. Tersangka ditangkap di jalan raya Desa Kapuran.

Topik
sindikat pengedar bubuk mercon Polres Bondowoso jaringan bubuk mercon

Berita Lainnya