Iklan di Youtube Sering Muncul, Apakah Juga Sedot Kuota Penggunanya? | Bondowoso TIMES

Iklan di Youtube Sering Muncul, Apakah Juga Sedot Kuota Penggunanya?

May 09, 2021 11:37
Ilustrasi menonton Youtube. (Pixabay)
Ilustrasi menonton Youtube. (Pixabay)

INDONESIATIMES - Banyak pengguna Youtube yang akhir-akhir ini mengeluhkan  iklan yang muncul semakin sering dan banyak. Bahkan beberapa iklan yang muncul di tengah video tidak bisa dilewati atau di-skip.

Sebagai pengguna Youtube,  mungkin kamu pasti sering merasakan perubahan ini. Ditambah lagi iklan yang muncul selalu ada pada setiap video atau sekedar tampilan pada interface Youtube.

Baca Juga : Tampil di Luar Gaya SNI Hijab Segi Empat, Gaya Hijabers Ini Boleh Dicontek Lho

Belum lagi iklan yang tidak bisa di-skip, membuat sebagian pengguna merasa geram karena iklan-iklan tersebut dinilai mengganggu dan menghancurkan momen seru saat menonton. Alhasil kamu harus menunggu sampai iklan tersebut selesai supaya bisa menikmati konten favoritmu.

Dengan banyaknya dan meningkatnya jumlah iklan di YouTube, beberapa orang masih bertanya-tanya apakah hal ini bisa menyebabkan kuota internet gampang habis? Jawabannya adalah iya. Iklan YouTube dapat menyedot data seluler pengguna.

Lucky Sebastian, pengamat teknologi dari komunitas Gadtorade, mengatakan bahwa iklan di YouTube dapat menguras kuota internet sama seperti video lain. “Iklan di Youtube sama dengan konten di Youtube yang kita tonton, makan kuota internet. Ini konsekuensi dari layanan streaming gratis, kita menukarnya dengan layanan iklan,” kata Lucky seperti yang dikutip dari kumparanTech.

Jika pengguna penasaran dengan berapa banyak kuota internet yang tersedot hanya untuk menonton YouTube, kamu bisa menghitung berdasarkan data bitrate resolusi video.

Menurut penjelasan dari pihak YouTube pada laman bantuannya, video beresolusi 4K dengan 60 frame per detik (frame per second/fps), video bitrate-nya mencapai 20.000 sampai 51.000 kilobit per detik (kilobit per second/Kbps).

Sementara video berukuran 480p, video bitrate-nya hanya 500 hingga 2.000 Kbps. Untuk lebih detailnya kamu bisa melihat pada link ini.

Sebagai contoh, perhitungan kuota yang terkuras untuk menonton iklan YouTube selama satu menit dengan resolusi HD 720p. Catatan YouTube menyebutkan bahwa bitrate pada resolusi itu mencapai 1.500-4.000 Kbps.

Perhitungan kuota data sendiri biasanya menggunakan satuan megabyte (MB), yang berarti 1 megabit per detik (megabit per second/Mbps) setara 1/8 MB. Sementara 1 Mbps sama dengan 1.024 Kbps.

Jika pada 1 video ada iklan berudasi 60 detik, dan dalam sehari pengguna menonton 10 video, maka pengguna diakumulasikan menonton 10 menit iklan, yang berarti menghabiskan 300 MB kuota data. Dalam sebulan jadi 9000 MB atau 9 GB hanya untuk menonton iklan.

Baca Juga : Sejarah dan Filosofi Ketupat, Makanan yang Sering Ada saat Lebaran 

Bagi pengguna yang tidak ingin kuotanya terkuras habis hanya karena menonton iklan, Youtube memberikan sebuah solusi agar iklan tidak muncul.

YouTube menyediakan layanan berbayar YouTube Premium untuk penggunanya agar dapat menikmati konten-konten video tanpa gangguan iklan. Dengan layanan ini, pengguna juga bisa menikmati konten premium yang tidak ada di YouTube gratisan serta layanan YouTube Music.

Namun sayangnya fitur tersebut tidaklah gratis. Untuk mengaktifkan YouTube Premium pengguna harus mau merogoh kocek Rp 59 ribu per bulan.

Tapi, meskipun dinilai lumayan berat. Youtube juga memberikan opsi paket keluarga seharga Rp 89 ribu untuk lima anggota sehingga seorang hanya perlu membayar Rp 17.500 untuk menikmati tayangan bebas iklan di YouTube.

Atau jika kamu tidak ingin berlangganan YouTube Premium dan ingin menghemat kuota saat menonton video YouTube, kamu bisa mengatur kualitas video yang kamu tonton ke kualitas yang paling rendah. Dengan cara ini, kamu bisa meminimalisasi jumlah kuota yang termakan karena iklan.

 

Topik
YouTube Iklan YouTube Kuota internet

Berita Lainnya