Atasi Sakit Gigi karena Makanan Manis, Ini Cara Yang Bisa Dicoba di Rumah | Bondowoso TIMES

Atasi Sakit Gigi karena Makanan Manis, Ini Cara Yang Bisa Dicoba di Rumah

May 09, 2021 12:38
Ilustrasi (Pexels)
Ilustrasi (Pexels)

INDONESIATIMES - Makanan dan camilan manis sangatlah menggiurkan dan membuat ketagihan bagi sebagian besar orang. Padahal,  berbagai masalah kesehatan dapat muncul karena sering makan makanan yang mengandung banyak gula. Salah satunya sakit pada gigi.

Gula pada makanan manis disinyalir dapat membuat bakteri Streptococcus sebagai penyebab gangguan pada gigi berkembang biak dengan mudah.

Baca Juga : Cara Stylish Pakai Celana Tidur untuk Outfit Harian, Boleh Dicoba Nih!

Untuk mengatasi sakit gigi, alangkah baiknya memang segera memeriksakan diri ke dokkter gigi agar cepat mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak menimbulkan gejala sakit yang baru.

Namun, jika kamu tidak sempat untuk pergi ke dokter, beberapa cara ini bisa kamu terapkan di rumah untuk meredakan rasa sakit gigi akibat makanan manis.

1. Berkumur dengan Air Garam

Larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan air garam yang sudah dilarutkan tersebut untuk berkumur beberapa detik. Fokuskan pada area gigi yang sakit, dan buang air bekar berkumur tadi.

Seperti yang dilansir dari Halodoc, garam berguna untuk menyerap kelembapan dalam mulut, sehingga membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri.

2. Kompres dengan Es Batu

Ambil beberapa potong es batu dan masukkan es ke dalam plastik atau bungkus dengan kain tipis. Kompres pada area pipi yang sakit, setidaknya selama 15 menit. Es membuat saraf gigi kebas sehingga rasa ngilu berkurang atau bahkan menghilang.

3. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Baca Juga : Niat, Hukum, Tata Cara dan Ketentuan Pelaksanaan Mengganti Puasa Ramadan

Rasa nyeri akibat sakit gigi dapat diatasi di rumah dengan meminum obat yang mengandung anti-inflamasi seperti Parasetamol dan Ibuprofen. Lebih baik bicara pada dokter terlebih dahulu sebelum kamu konsumsi obat tersebut. Dan perhatikan obat yang diminum tersebut apakah harus dengan resep dokter atau bisa dibeli sendiri.

Jika sakit gigi yang ditimbulkan tak juga mereda atau semakin parah, kamu harus segera mengunjungi dan memeriksakan diri ke dokter. Tujuannya agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Sebab, dokter gigi bisa memberikan resep dan mendiagnosis penyebab dari sakit gigi yang kamu alami.

 

Topik
Sakit gigi Kesehatan Gigi Menjaga Kesehatan Gigi Tips atasi sakit gigi

Berita Lainnya