Ramai Pernyataan Presiden RI, Gubernur Jatim: Bipang Jangkar Berbeda dengan yang Sedang Viral  | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ramai Pernyataan Presiden RI, Gubernur Jatim: Bipang Jangkar Berbeda dengan yang Sedang Viral 

May 10, 2021 08:47
Gubernur Jatim Khofifah ketika menunjukkan produk makanan bipang
Gubernur Jatim Khofifah ketika menunjukkan produk makanan bipang

SURABAYATIMES - Kontroversi Bipang Ambawang yang dipromosikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo rupanya memantik reaksi sejumlah pihak.

Ini seperti halnya yang dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yang juga ikut-ikutan mempromosikan Bipang. Hanya saja, bipang ini berbeda karena terbuat dari bahan dasar beras dan bukan babi.

Baca Juga : Jadi Khas di Hari Lebaran, Terungkap Alasan Sosok Ayah Tak Pernah Tampil di Kaleng Biskuit Khong Guan

Seusai meninjau Pasar Besar di Kota Pasuruan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota Pasuruan Gus Ipul berkesempatan meninjau dan memamerkan produk lokal Bipang Jangkar yang ada di sebuah Showroom pusat oleh-oleh. Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menunjukkan aneka produk lokal khas asli Kota Pasuruan yang telah melegenda.

Bipang Jangkar khas Pasuruan ini telah berproduksi dan melayani pelanggannya selama 72 tahun. Untuk melihat produksi yang dihasilkan, orang nomor satu di Jatim itu melihat secara dekat produksi Bipang Jangkar di Jl. Lombok No. 36 Trajeng, Pangunggrejo, Kota Pasuruan, Minggu (9/5/2021) sore.

Setelah berbelanja dan memborong oleh-oleh Bipang Jangkar, dihadapan awak media, Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa Bipang Jangkar merupakan produk halal yang melegenda. 

Bahkan, di setiap pengajian yang dikunjungi hampir selalu ditemukan produk Bipang Jangkar, di mana bahan baku utamanya berasal dari beras yang diolah. Hal ini menunjukkan bahwa produk Bipang Jangkar adalah produk yang halal untuk dikonsumsi. 

"Kunjungan saya ke Bipang Jangkar ini sekaligus memastikan bahwa Bipang Jangkar berbeda dengan yang sedang viral yang berbahan baku tidak halal. Jadi saya ingin menyampaikan kepada semua pihak, bahwa Bipang Jangkar Produksi Pasuruan sudah berusia 72 tahun dan halal," ungkapnya menyindir Bipang Ambawang yang baru saja dipromosikan oleh presiden.

Gubernur Khofifah didampingi Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf bersama Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menyatakan, bahwa menjelang lebaran seperti ini biasanya permintaan meningkat. Baik untuk oleh-oleh maupun sajian di rumah. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa bipang disini halal agar tidak ada kekhawatiran bagi pembelinya 

"Banyak produk-produk Bipang Jangkar ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan aneka olahan rasa serta dikemas secara menarik. Sekali lagi masyarakat jangan khawatir, produk Bipang ini sudah 72 tahun dan halal serta banyak yang sangat suka menikmatinya," tegasnya. 

Baca Juga : Amalan Sunah Sebelum Salat Idul Fitri, Tambah Pahala di Hari nan Fitri

Bipang Jangkar sendiri, dirintis sejak 1940 oleh Kwee Pwee Bhook. Jajanan ini sudah terkenal di kalangan pelaut yang singgah di Pelabuhan Pasuruan untuk dijadikan oleh-oleh. Berpusat di Jalan Lombok dekat pelabuhan Kota Pasuruan, jajanan yang terbuat dari beras dan berasa manis itu pun sangat digemari masyarakat Jawa Timur.

Selain bisa memilih Bipang aneka rasa, di toko tersebut juga bisa melihat langsung pembuatan Bipang hingga roti yang diproduksi. Sehingga menjadi sensasi tersendiri dan percaya akan kualitasnya oleh penikmat. 

"Pembeli akan tahu sendiri bahan dan alat yang digunakan cukup higenis," tuturnya. 

Setiap harinya, Bipang Jangkar mampu menjual produk dan omset sekitar 10-20 juta per hari. Jumlah itu akan meningkat pesat di hari libur maupun weekend. Tak hanya itu, Bipang Jangkar Pasuruan juga mampu melayani pemesan secara online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bipang ambawang Gubernur Khofifah

Berita Lainnya