Deretan Tokoh "Diserang" Habib Rizieq, BIN dan Diaz Hendropriyono Membantah | Bondowoso TIMES

Deretan Tokoh "Diserang" Habib Rizieq, BIN dan Diaz Hendropriyono Membantah

Jun 11, 2021 09:13
Muhammad Rizieq Shihab (Foto: iNews)
Muhammad Rizieq Shihab (Foto: iNews)

INDONESIATIMES - Eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq menyeret sejumlah tokoh nasional saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam perkara dugaan penyebaran hoaks terhadap hasil tes swab di RS Ummi Bogor di PN Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021).

Beberapa tokoh yang diseret oleh Habib Rizieq tersebut dituding hingga dibandingkan dengan kasus yang dialaminya.  Lantas siapa saja para tokoh nasional yang namanya disangkutpautkan oleh Habib Rizieq dalam sidang?  

1. Wiranto

Baca Juga : Tim Kuasa Hukum Bantah Adanya Dugaan Kekerasan Seksual, Fisik, dan Eksploitasi di SPI Kota Batu

Nama Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menjadi salah satu nama yang dituding  Habib Rizieq. Dikatakan Rizieq, Wiranto sempat menghubunginya untuk melakukan dialog dan rekonsiliasi dengan pemerintah pada Mei 2017 lalu.

Kala itu, Rizieq menyebut Wiranto sempat menelepon saat ia masih berada di Arab Saudi. Wiranto sempat mengajak membangun kesepakatan dialog dan rekonsiliasi.  Rizieq pun menyambut ajakan Wiranto itu karena mengharapkan hal yang sama sejak awal.

2. Budi Gunawan dan Ma'ruf Amin

Dalam pembacaan pleidoi, Rizieq mengklaim pernah bertemu langsung dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan di salah satu hotel bintang 5 di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Juni 2017. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan tertulis antara keduanya yang kemudian dibawa ke Jakarta.

Bahkan surat itu disebut Rizieq juga ditandatangani oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang saat itu masih menjabat sebagai ketua umum MUI Pusat.

"Di antara isi kesepakatan tersebut adalah 'setop semua kasus hukum saya dkk' sehingga tidak ada lagi fitnah kriminalisasi dan sepakat mengedepankan dialog dari pada pengerahan massa, serta siap mendukung semua kebijakan pemerintahan Jokowi selama tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam dan konstitusi negara Indonesia'," kata Rizieq.

Atas hal ini, pihak BIN membantah pertemuan tersebut. BIN menegaskan bahwa pertemuan Rizieq dengan Budi Gunawan di Arab Saudi tidak pernah terjadi. 

3. Tito Karnavian

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga turut disebut Rizieq. Ia mengaku sempat bertemu Tito di Kota Makkah, Arab Saudi, pada 2018. Pertemuan itu terjadi sebanyak dua kali.

Kala itu, Tito masih menjabat sebagai kapolri. Dalam pertemuan tersebut, Rizieq menyatakan siap tidak terlibat sama sekali dengan urusan politik terkait Pilpres 2019 dengan menyertakan beberapa syarat kepada Tito.

4. Ahok dan Airlangga Hartarto

Rizieq juga menyebut nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebanyak 7 kali dalam pleidoinya. Rizieq bahkan membandingkan kasusnya dengan kasus Ahok. 

Ia mengaku heran tuntutan jaksa terhadapnya jauh lebih tinggi daripada tuntutan terhadap Ahok dalam kasus penistaan agama. Tak cuma itu. Nama Ahok juga kembali disebut saat Rizieq menyebut ada sejumlah pejabat dan tokoh nasional yang merahasiakan kondisinya meski sempat terpapar covid-19. 

Selain Ahok, Rizieq juga menyeret nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang disebutnya telah merahasiakan kondisi saat terkena covid-19.

5. Bima Arya

Baca Juga : Marak Maling Sepeda Motor, Polsek Dau Tekankan Hal Ini

Rizieq juga menyinggung nama Wali Kota Bogor Bima Arya. Dalam pleidoinya. Dia menuding Bima telah berbohong dalam tiap keterangan yang diberikan terkait perkara yang menjeratnya.

Bahkan, Rizieq mencatat setidaknya ada 10 kebohongan yang disampaikan Bima dalam perkara kasus tes swab RS Ummi ini. Bima Arya diketahui sempat menjadi saksi di persidangan Rizieq. "Ada 10 kebohongan dan kelicikan Bima Arya," kata Rizieq.

6. Diaz dan AM Hendropriyono

Bahkan Rizieq juga menyebut nama staf khusus presiden bidang intelijen Diaz Hendropriyono dan ayahnya, eks Kepala BIN AM Hendropriyono.

Hendropriyono dituding bersama Diaz belum puas atas kematian 6 laskar pengawalnya dan ingin agar Habib Rizieq dihukum berat. Ia lantas menuding Diaz terlibat dalam kematian 6 anggota laskar FPI dalam insiden Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada 7 Desember 2020 lalu. 

Bahkan Rizieq mencurigai keterlibatan Diaz berdasarkan postingan di media sosial pribadi Diaz. "Pesan singkat dalam akun Instagram dan Twitter resminya dengan bunyi: 'Sampai Ketemu di 2026'. Ini isyarat jelas tentang rencana mengandangkan saya untuk waktu yang lama," kata Rizieq.

Tudingan itu pun lansung dibantah Diaz. Bahkan, adik ipar KSAD Jenderal Andika Perkasa ini menyebut pernyataan Rizieq ngawur.

7. Denny Siregar Cs

Habib Rizieq juga menyebut beberapa nama pegiat media sosial. Mereka di antaranya  Denny Siregar, Abu Janda, hingga Ade Armando.

Rizieq menilai mereka memiliki kekebalan terhadap hukum. Ia menilai kasus hukum Denny Siregar, Abu Janda, hingga Ade Armando tidak pernah disentuh oleh kepolisian.

Lebih lanjut Rizieq juga mengatakan mereka bertiga harus dipenjara sebagai salah satu syarat yang diajukan untuk tak terlibat di Pilpres 2019 saat bertemu dengan Tito di Makkah.

Selain ketiga nama tersebut, Rizieq menyebut juga nama Eko Kuntadi, Guntur Romli, dan akun @digembook. Mereka bahkan disebutnya sebagai BuzzeRp.

Dikatakan Rizieq, mereka kerap mencuit yang berisi hinaan dan fitnah namun tak pernah diproses atau ditangkap.

Topik
Sidang Habib Rizieq Pleidoi Habib Rizieq Habib Rizieq

Berita Lainnya