Sungguh Mengerikan, Inilah Makanan dan Minuman yang Disantap Penghuni Neraka | Bondowoso TIMES

Sungguh Mengerikan, Inilah Makanan dan Minuman yang Disantap Penghuni Neraka

Jul 11, 2021 08:23
Ilustrasi pohon Zaqqum (Ist)
Ilustrasi pohon Zaqqum (Ist)

MALANGTIMES - Neraka merupakan tempat balasan untuk orang-orang yang telah melakukan kesalahan-kesalahan atau mereka yang menyimpang dari ajaran Allah SWT. Neraka merupakan tempat yang sangat mengerikan dan menakutkan. Disana segala macam siksaan dilakukan untuk membersihkan manusia dari segala dosanya.

Di Neraka, para penghuninya akan mendapatkan balasan setimpal dengan amalan buruknya ketika didunia. Di Neraka para penghuninya juga akan mendapatkan makanan dan minuman. Akan tetapi, makanan dan minuman yang didapatkan disana tidaklah membuat kenyang, melainkan justru membuat mereka tersiksa. Makanan dan minuman itu harus disantap mereka di tengah kobaran api yang bahan bakarnya manusia. 

Baca Juga : Selama PPKM Darurat, Kawasan Physical Distancing di Pamekasan Dijaga Ketat Aparat

Dilansir dari channel YouTubeTafakkur Fiddin, menjelaskan jika makanan tersebut yang pertama adalah buah Zaqqum. Buah ini merupakan salah satu makanan penghuni neraka yang sangat mengerikan. Buah ini tidaklah mengenyangkan apalagi mempunyai gizi lagi lezat. Para penghuni neraka memakannya karena inilah satu-satunya pohon dan buah yang ada di Al Jahim. Pohon ini tumbuh di dasar neraka, dahan menjuntai dan buahnya berbentuk seperti kepala setan.

Namun karena sangat lapar, para penghuni neraka mengambil dan memakannya meskipun penampakan dari pohon dan buah tersebut begitu buruk. Ketika di makan, buah zaqqum akan membakar perut-perut mereka. Buah itu seakan menjadi minyak panas yang mendidih di dalam perut.

Disebutkan dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya pohon zaqqum itu makanan orang yang banyak berdosa (orang kafir). Makanan ini seperti kotoran minyak yang mendidih didalam perut. Seperti mendidihnya air yang sangat panas,"( QS Ad Dukhan 43-46).

Kemudian setelah memakan buah Zaqqum, para penghuni neraka akan mencari air minum namun di neraka tidak ada air minum sama sekali. Yang ada adalah Hammim. Hammim merupakan air yang sangat panas. Karena tak ada pilihan lain, penghuni neraka pun harus meminumnya.

Saat hammim diminum, air itu kemudian memutus usus-usus mereka. Hal menakutkan itu juga dijelaskan didalam Al-Qur'an. Allah berfirman "mereka diberi air minuman dengan air yang mendidih, sehingga memotong ususnya"( QS Muhammad 15).

Bukan hanya itu saja, masih ada makanan lain di neraka yang mengerikan, yakni Dhari'. Inilah makanan yang mengerikan yang disajikan untuk penghuni neraka. Ini merupakan makanan yang paling merugikan dan membahayakan. Dhari' sejatinya bagian dari siksaan dan bukaan makanan. Sebagaimana firman Allah," mereka tidak memiliki makanan kecuali di ari Dhari' yang menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar," (QS Ghasyiyah 6-7).

Baca Juga : Gethuk Lindri, Makanan Tradisional yang Kini Tren di Tulungagung

Dijelaskan oleh Ibnu Abbas, bahwa Dhari' merupakan pohon asy shibriq yang telah kering. Pohon tersebut dikenal penduduk Mekkah sebagai pohon yang memiliki duri tajam. Sybriq merupakan pohon berduri yang tumbuh tanpa cabang. Jika telah mengering dinamakan Dhari'" Ucap sahabat Rasulullah, Wal Iyaadzu billah. Bagaimana mungkin makanan berduri itu dapat disantap tanpa merobek mulut lidah, kerongkongan, lambung, usus. 

Makanan mengerikan selanjutnya adalah Ghisslin dan Ghassaq. Ini dimaknai merupakan darah dan nanah yang pastilah baunya anyir lagi menyengat serta menjijikkan saat dilihat. Bahkan itu merupakan minuman di neraka pula. Itulah minuman yang diperas dari nanah dari penduduk neraka. Adaa pula yang berpendapat jika Ghisslin dan Ghassaq merupakan  darah yang keluar dari farji perempuan yang berzina serta bangkai yang keluar dari nanah orang-orang kafir.

 

Topik
makanan penghuni neraka penghuni neraka dunia islam al quran

Berita Lainnya