Parpol di Banyuwangi Sembelih Hewan Kurban: Kita Harapkan Mampu Tingkatkan Imun | Bondowoso TIMES

Parpol di Banyuwangi Sembelih Hewan Kurban: Kita Harapkan Mampu Tingkatkan Imun

Jul 21, 2021 19:31
H Naufal Badri, Ketua DPC Partai Gerindra  Banyuwangi saat menyerahkan daging korban bagi warga masyarakat (Istimewa)
H Naufal Badri, Ketua DPC Partai Gerindra Banyuwangi saat menyerahkan daging korban bagi warga masyarakat (Istimewa)

BANYUWANGITIMES - Momentum Hari Raya Idul Adha 1442 H bagi umat Islam disunahkan menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada warga yang berhak menerima. Hal ini juga diharapkan mampu meningkatkan imun tubuh masyarakat setelah lebih dari satu tahun terdampak pandemi Covid-19.

Dalam Idul Kurban tahun ini beberapa partai politik yang ada di Kabupaten Banyuwangi juga melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Salah satunya yang digelar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Banyuwangi yang menyembelih 1 sapi dan 5 ekor kambing di rumah Naufal Badri, Ketua DPC Partai Gerindra  di Kelurahan Karangrejo, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga : 52 Ton Beras dari Luhut Binsar Pandjaitan Disalurkan Polres Malang

Menurut Naufal, momen hari raya kurban dalam suasana pendemi merupakan waktu yang pas untuk berbagi bagi mereka yang punya rezeki. Sedangkan bagi masyarakat yang kurang beruntung mendapatkan pembagian daging kurban merupakan rezeki yang cukup berarti.

“Harapan kami semoga pembagian daging dalam masa pandemi diharapkan mampu meningkatkan imunitas tubuh warga. Tetap berpikir positif, tetap tenang dan yakin ada harapan bagi orang yang teguh, yakin dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” jelas Naufal.

Sementara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi dalam Hari Raya Idul Adha 1442 H melakukan penyembelihan 5 ekor di dua tempat, yaitu di Banyuwangi Kota  dan di Kecamatan Purwoharjo untuk menghindari terjadinya kerumunan warga.

Program penyembelihan hewan kurban dalam Idul Adha merupakan salah satu program kerja rutin yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi. Biasanya proses penyembelihan digelar di  Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi. Namun untuk tahun ini dilakukan di dua lokasi.

Sedangkan pendistribusian daging kurban diberikan pada warga masyarakat sekitar lokasi penyembelihan dan struktural, sayap serta badan partai yang dinilai layak menerima.

"Hewan kurban ini berasal dari gotong royong para kader partai di eksekutif dan legislatif. Karena bagi kami PDI Perjuangan memaknai kurban adalah gotong royong semua stakeholder partai agar bisa berbagi untuk meringankan beban bersama,” jelas I Made Cahyana Negara, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga : DPC PDIP Kabupaten Kediri Sembelih Satu Ekor Sapi, Bagikan Paket Kurban Door to Door

Sehingga, lanjut dia, PDI Perjuangan memaknai idul adha ini menjadi semangat keikhlasan berbagi untuk melawan pandemi Covid-19. Sekaligus momen untuk menggelorakan semangat perjuangan melawan Covid-19 di Banyuwangi khususnya dan Indonesia umumnya.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan di dua tempat, yaitu untuk dapil 1 dan 2 dilakukan di kantor DPC PDI Perjuangan Banyuwangi. Untuk Dapil 3, 4 dan 5 di Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo.

Made menuturkan, proses penyembelihan dan pendistribusian daging kurban dilakukan dengan disiplin dan mematuhi kewajiban protokol kesehatan (Prokes). Pria yang juga anggota Kehormatan Banser Banyuwangi itu menambahkan, untuk pengambilan daging kurban di dua tempat yang ditetapkan diberikan pada masing- masing koordinator dapil. Selanjutnya pendistribusian daging diberikan langsung kepada  warga masyarakat, struktural partai dan badan partai sehingga potensi terjadinya kerumunan massa bisa diminimalisir.

Topik
parpol banyuwangi daging kurban DPC Partai Gerindra Banyuwangi pdip banyuwangi imunitas tubuh

Berita Lainnya