04/12/2022 Pemkab Banyuwangi Memilih Bersikap Pasif dalam Tangani Kasus PT PBS | Bondowoso TIMES

Pemkab Banyuwangi Memilih Bersikap Pasif dalam Tangani Kasus PT PBS

Jul 22, 2021 20:27
Kondisi Kapal LCT Putri Sritanjung yang sandar di belakang kantor Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Banyuwangi terlihat rusak parah Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMESyang bermain
Kondisi Kapal LCT Putri Sritanjung yang sandar di belakang kantor Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Banyuwangi terlihat rusak parah Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMESyang bermain

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Dede Nana

BANYUWANGITIMES - Disaat Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Banyuwangi mempertanyakan kemauan dan keseriusan Pemkab Banyuwangi dalam menuntaskan kasus PT Pelayaran Banyuwangi Sejati (PT PBS) ternyata disinyalir eksekutif lebih memilih bersikap pasif dengan menunggu laporan keuangan managemen PT PBS yang mendapatkan legitimasi akuntan publik independen.

Ketika wartawan media ini mencoba  meminta izin ketemu untuk  konfirmasi progres pendampingan hukum dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi dalam kasus PT PBS, salah seorang staf BPKAD Banyuwangi menyampaikan bahwa Plt Kepala BPKAD sedang rapat bersama staf di ruang kerjanya.

Baca Juga : Wujudukan Pemerintahan Bersih, Pemkab Pamekasan Jalin Kerjasama dengan Kejari

Kemudian setelah melakukan peliputan rapar paripurna DPRD Banyuwangi Cahyanto Plt Kepala BPKAD  Banyuwangi memberikan informasi lewat WhatsApp (WA).” Kita masih menunggu dari manajemen untuk laporan keuangan yang sudah ada legitimasi akuntan publiknya,” jawabnya singkat, Kamis (22/7/2021).

Selanjutnya ketika diajukan pertanyaan berapa lama target Pemerintah Banyuwangi untuk menuntaskan kasus tersebut, sampai berita ini ditulis belum ada jawaban dari Plt Kepala BPKAD Kabupaten Banyuwangi.

Seperti diberitakan sebelumnya menurut Khusnan Abadi, Anggota Fraksi PKB DPRD Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi mempunyai kewenangan untuk memanggil jajaran direksi PT PBS yang tentunya ada bentuk ikatan kerjasama pada saat diangkat untuk menjadi jajaran direksi.

Selanjutnya politisi asal Genteng yang saat ini menjadi Sekretaris DPC PKB Banyuwangi itu menambahkan kalau kemudian managemen perusahaan tidak mampu membayar konsultan dan sebagainya tentunya bisa dikomunikasikan dan tidak dibiarkan berlarut-larut.

Baca Juga : Dirawat Akibat Covid-19, Kades di Tulungagung Ini Ceritakan Rasa Sakit hingga Ikhlas Terima Suratan

“Kalau dibiarkan berlarut-larut ini menjadi persoalan baru. Persoalan terus bertambah. Jadi menurut saya Pemkab jangan menunggu tetapi harus  proaktif panggil itu 4 direksi itu. Kemudian dimintai pertanggungjawaban, kalau kemudian ternyata tidak ada laporan keuangan dan kalau memang dibolehkan aturan karena emergency boleh mengeluarkan APBD,“ tegas Kusnan.

Judul berita Pemkab Banyuwangi Memilih Bersikap Pasif dalam Tangani Kasus PT PBS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kasus pt pbs Pemkab Banyuwangi

Berita Lainnya