Pemkab Bondowoso Perbolehkan PKL Alun-Alun Beroperasi Kembali | Bondowoso TIMES

Pemkab Bondowoso Perbolehkan PKL Alun-Alun Beroperasi Kembali

Jul 28, 2021 19:24
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

BONDOWOSOTIMES - Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat mempersilakan pedagang kali lima (PKL) di alun-alun untuk kembali beroperasi. Kebijakan itu diberikan setelah mengubah Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2021 sesuai SE (Surat Edaran) Mendagri Nomor 24 Tahun 2021.

Wabup Irwan telah menyosialisasikan perubahan perbup tersebut kepada seluruh camat dan pemerintah desa secara virtual di Aula Shaba Bina 1, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga : Peduli Warga Terdampak PPKM, PWJ Bersama BIN, Korem 083, dan Baznas Gelas Baksos

PKL diperbolehkan beroperasi terhitung sejak 29 Juli Kamis besok. Kendati demikian, jam buka PKL dibatasi sampai dengan pukul  8 malam.

"Mulai besok boleh dibuka. Makan di tempat boleh, tapi dibatasi tidak boleh lebih dari 20 menit. Tidak boleh berkerumun, maksimal 3 orang, dan  yang terpenting harus menerapkan prokes (protokol kesehatan) ketat," ujarnya.

Ke depannya, Pemkab Bondowoso akan mengumpulkan paguyuban PKL, terutama yang di alun-alun, supaya mematuhi aturan yang telah diberlakukan ini. "Bukan apa, karena ini demi keselamatan kita bersama," ungkap politisi PDIP tersebut.

Namun untuk yang bandel dan melanggar aturan, imbuh Irwan, pertama akan diberi teguran. Kalau masih bandel, mereka tidak boleh buka tempat usaha dan izinnya akan dicabut. 

Bukan hanya itu. Pasar hewan, pasar tradisional, toko kelontong boleh buka. Namun ada pembatasan jam operasional dan pengunjung.

Baca Juga : Proyeksi Pendapatan Turun, DPRD Kota Malang Fokus Telaah KUA-PPAS APBD 2022

"Untuk tempat wisata, bagi yang daerah masih level 4 tidak boleh dibuka,"tuturnya.

Selain itu, imbuh Wabup Irwan, acara hajatan, acara haul, pengajian akbar, masih tidak diperbolehkan. Akad nikah diperbolehkan,  tetapi hanya boleh dihadiri 10 orang.

"Walimahan dibatasi 20 orang, meskipun harus izin terlebih dahulu. Untuk resepsi tetap tidak diperbolehkan," tutupnya.

Topik
PPKM di Bondowoso Pemkab Bondowoso Berita Bondowoso

Berita Lainnya