Dorong Kopi Lokal Rajai Pasar, Plh Sekda Jatim Ajak Masyarakat Konsumsi Kopi Jawa Timur | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dorong Kopi Lokal Rajai Pasar, Plh Sekda Jatim Ajak Masyarakat Konsumsi Kopi Jawa Timur

Dec 13, 2021 18:29
Plh Sekda Prov Heru Tjahjono saat meninjau salah satu stand produk kopi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Plh Sekda Prov Heru Tjahjono saat meninjau salah satu stand produk kopi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pelaksanaan Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono punya perhatian besar pada komoditas kopi di Jawa Timur. Karena itu juga Heru mendorong para pencinta kopi untuk menikmati kopi lokal Jatim. Dengan demikian, bisa membangkitkan dan mempercepat kejayaan kopi di Jawa Timur.

"Kami di Grahadi ada cafenya semua kopinya dari Dinas perkebunan. Lebih ekstremnya kita harus minum kopi Jawa Timur," tegas Heru dalam kegiatan Gebyar Kopi dan Kakau Jawa Timur di Waroeng Tani Pan Java, Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Pusat Kota Gresik Jadi Langganan Banjir saat Hujan Turun

Lanjut Heru, dengan hal tersebut, tentunya mendorong geliat sektor perkopian di Jawa Timur mulai dari hulu ke hilir akan semakin bergeliat dan mampu bersaing hingga menguasai pasar dan mengalahkan kopi-kopi dari luar. 

Dengan konsumsi kopi lokal, khususnya kopi Jawa Timur, peningkatan perekonomian para petani maupun pelaku usaha perkopian, tentunya juga akan meningkat. Hal itu pastinya akan berimbas pada kesejahteraan rakyat  yang lebih baik.

Dengan semua pihak bergerak dan mendukung perkopian Jawa timur, tentunya akan semakin mempercepat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk kopi Jawa timur merajai pasar. 

Pihaknya juga menegaskan untuk semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), turut mensupport perkopian Jawa Timur, dengan menikmati kopi-kopir racikan pada pelaku UMKM. "Kalau ngemall, bawa kopi sendiri, Pokoknya kepala OPD, nanti kalau ngopi di Mall awas," kata Heru.

Baca Juga : Kades Sambigede Angkat Bicara Ihwal Upah Penjaga Perlintasan KA yang Viral

Dijelaskan Heru, jika konsumsi kopi orang Indonesia sendiri saat ini baru 20 persen. Sementara, konsumsi kopi impor orang luar justru mendominasi, yakni 40 persen. Karenanya, pihaknya kembali mengimbau agar masyarakat mengkonsumsi kopi lokal. 

"Sekali lagi, mari kita minum kopi sendiri, Ibu Gubernur juga berpesan, dalam rangka Jatim Agro, mari kita nikmati dan kita budayakan kopi maupun kakao Jawa Timur," pungkas Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Heru Tjahjono kopi lokal

Berita Lainnya