Bupati Lumajang Perpanjang Status Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung  Semeru | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Bupati Lumajang Perpanjang Status Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung  Semeru

Dec 17, 2021 15:34
Bupati Lumajang Thoriqul Haq  ( foto: Kominfo/ JatimTimes)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq ( foto: Kominfo/ JatimTimes)

JATIMTIMES - Bupati Lumajang Thoriqul Haq memutuskan untuk memperpanjang status tanggap darurat bencana erupsi Gunung  Semeru selama 7 hari.  Keputusan ini dituangan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor: 188.45/549/427.12/2021 tentang Perpanjangan  Status Tanggap Darurat  Bencana Erupsi  Gunung  Semeru.

“Status tanggap darurat ini berlaku selama 7 hari  terhitung mulai tanggal 18  Desember 2021 sampai  dengan  24 Desember  2021,” ujar Bupati Lumajang yang akrab dipanggil dengan sebutan Cak Thoriq ini.

Baca Juga : Solusi Problem Ekologi dan Kesejahteraan Ekonomi, Dharma Wanita UIN Maliki Gelar Pelatihan Ecoenzym

Keputusan ini menurutnya diambil berdasarkan hasil kajian situasi di lapangan berkaitan dengan perkembangan bencana alam Erupsi Gunung Semeru, yang dinilai masih mengancam dan mengganggu kehidupan di wilayah  Kabupaten Lumajang.

“Situasinya masih perlu  upaya penanganan darurat, apalagi sekarang aktivitas Gunung Semeru sudah level Siaga,”jelasnya.

Cak  Thoriq menyampaikan bahwa sesuai surat dari Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia tertanggal 16 Desember 2021, maka status  aktivitas Gunung  Semeru naik dari Level II  (Waspada) menjadi  Level III  (Siaga).

Dengan keputusan ini Cak Thoriq  menugaskan kepada  Kepala  Badan  Penanggulangan  Bencana Daerah  untuk  mengambil langkah-langkah yang dipandang  perlu dan mendesak. BPBD harus  melakukan koordinasi antar organisasi perangkat  daerah  dan  instansi   terkait  yang  mempunyai fungsi  penanggulangan bencana.

Baca Juga : Percepat Progres Pembangunan, Bupati Blitar Jajaki Kerja Sama dengan Dubes Azerbaijan

“BPBD harus mempersiapkan  segala potensi untuk penanggulangan bencana dampak erupsi Gunung Semeru, baik itu personil, relawan, logistik dan  peralatan yang dibutuhkan.” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tanggap darurat semeru diperpanjang Bupati Lumajang

Berita Lainnya