Sepanjang Pandemi, Minat Baca Masyarakat Bondowoso Merangsek Turun | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sepanjang Pandemi, Minat Baca Masyarakat Bondowoso Merangsek Turun

Feb 07, 2022 17:42
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Minat baca masyarakat Bondowoso terus mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19 berlangsung. Data Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Bondowoso mencatat, jika sebelum pandemi minat baca menyentuh angka 153 ribu. Kini minat baca warga Kota Tape baru tercapai 47 ribu, sebagaimana jumlah pengunjung perpustakaan.

Kepala Perpustakaan Bondowoso, Alun Taufana mengungkapkan, pihaknya menargetkan minat baca masyarakat naik 1 persen setiap tahun. Namun, banyaknya pembatasan kegiatan masyarakat selama Corona membuat angka tersebut turun drastis.

Baca Juga : Kunjungi 2 Desa di Kecamatan Garum, Bupati Blitar Dorong Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Berbasis Kearifan Lokal

"Karena pandemi. Sekolah tidak lagi tatap muka. Terus banyak perpustakaan yang untuk sementara ditutup," tuturnya saat sosialisasi budaya baca dan literasi dalam rangka pembudayaan gemar membaca, di Pendopo Bupati, Senin (7/2/2022).

Namun begitu, tahun ini pemerintah terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan literasi dengan target meningkatkan minat baca masyarakat melalui Gerakan Literasi Daerah (Gelida). Sehingga, Perpustakaan Kabupaten akan mengintensifkan program Bunda Literasi Desa dan Bunda Literasi Kelurahan. 

"Agar lebih meningkat. Biar tahu masyarakat arti pentingnya membaca melalui Gelida itu," lanjutnya.

Di Bondowoso sendiri, jumlah perpustakaan sekolah sebanyak 501 unit dan 86 perpustakaan desa, dengan jumlah 33.504 judul buku dan 80-an eksemplar. Rata-rata masyarakat Bondowoso suka membaca cerita-cerita fiksi untuk anak-anak dan buku literasi penyusunan skripsi bagi mahasiswa.

Baca Juga : Pemkot Mojokerto Dorong OPD Tingkatkan Serapan Anggaran

Langkah selanjutnya, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas  setempat untuk meningkatkan anggota pustaka. Bahkan juga mendapat sokongan dari Fatayat NU melalui Gerakan Literasi Fatayat (Geliat) dengan berbagai kegiatan yang dilombakan.

Jauh dari sebelumnya, perkembangan teknologi digital saat ini, Disperpusip telah membuat inovasi untuk memudahkan para pembaca dengan menggunakan metode Perpustakaan online, yang disebut Elektronik Bendebesah Katalog (e- Catalog) yang bisa diakses melalui Website Perpus Pemkab Bondowoso.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Minat baca angka minat baca

Berita Lainnya