Tips dan Trik Lolos SBMPTN 2022, Kalian yang Gagal SNMPTN Bisa Coba | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tips dan Trik Lolos SBMPTN 2022, Kalian yang Gagal SNMPTN Bisa Coba

Apr 01, 2022 09:17
Sumber gambar : cewekbgt.grid.id
Sumber gambar : cewekbgt.grid.id

JATIMTIMES - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 telah digelar sejak 23 Maret 2022, pukul 15.00 WIB. Seleksi ini akan ditutup pada 15 April 2022 mendatang, di jam yang sama.

Semua peserta pasti berlomba-lomba meraih cita-cita untuk menempuh pendidikan di Universitas impian yang menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa diterima di Kampus tersebut.

Baca Juga : Indonesia Fashion Week Digelar Secara Offline, Simak Jadwalnya

Kendati demikian, bersaing dalam SBMPTN bukan hal yang mudah. Sebab, calon mahasiswa harus bersaing dengan seluruh calon mahasiswa di Indonesia. Hanya mereka yang layak dan dinyatakan lolos yang berhak duduk di bangku kuliah pilihannya.

Kegagalan dan Keberhasilan adalah takdir yang sulit untuk ditebak. Namun, kalian bisa mengantisipasi hal tersebut. Untuk menghindari kegagalan pada SBMPTN 2022, alangkah baiknya tips-tips berikut ini bisa dilakukan ya gengs.

1. Ikuti Try Out

Mengikuti pelatihan soal pada try out SBMPTN atau UTBK adalah hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, kemampuan mengerjakan soal dengan cepat dan tepat sangat dibutuhkan dalam tes tersebut.

Dewasa ini, mengikuti try out sangatlah mudah mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, mulai dari yang luring hingga tatap muka bersama guru try out. Bahkan, kalian juga sudah bisa mengaksesnya di manapun.

Dalam hal ini, belajar dan latihan soal adalah hal yang perlu ditekankan pada diri anda. Kalian bisa belajar dan latihan soal dari berbagai sumber mulai dari Youtube, platform belajar, googling dan masih banyak lagi.

2. Pilih Jurusan Cadangan

Memilih jurusan favorit terkadang bisa berisiko gagal, karena padatnya persaingan dan tingginya nilai presentase yang dijadikan acuan ketika seseorang lulus pada suatu program studi universitas tertentu.

Maka dari itu untuk menghindari kegagalan, kalian perlu menyiapkan jurusan cadangan. Di beberapa universitas mereka mungkin tidak mau jika jurusan di universitasnya dipilih pada pilihan kedua atau ketiga. Namun, ada juga universitas yang mau menerima hal tersebut.

Pilih passing grade rendah dan letakkan pada pilihan terakhir. Tentunya kalian juga harus mengukur kemampuan pada jurusan tersebut untuk menghindari kasus salah jurusan yang pada akhirnya hanya akan membuat stress mengikuti perkuliahan.

3. Jaga Kesehatan

Baca Juga : Sidang Isbat Penentu Puasa Ramadan Digelar Sore Ini, Pemerintah Sebut Ada Potensi Perbedaan

Sangat tidak lucu apabila kalian sakit pada saat pelaksanaan SBMPTN. Hal ini tentunya akan sangat merugikan diri sendiri karena anda akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan soal-soal UTBK.

Pada pandemi Covid-19, menjaga kesehatan fisik dan mental jelang seleksi SBMPTN sangat penting. Oleh karena itu, tips lolos SBMPTN 2022 yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan dilakukan agar imunitas tubuh tetap optimal melawan Covid-19.

Caranya bisa dilakukan dengan tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi setiap hari. Selain itu, mengurangi kegiatan yang menguras tenaga juga perlu dilakukan. Tujuannya agar kondisi fisik dan mental calon mahasiswa tetap fokus ketika belajar dan pada saat pelaksanaan ujian SBMPTN 2022.

4. Doa

Doa adalah hal yang paling mudah dilakukan ketika kalian sudah berusaha keras dan kemudian pasrah kepada Tuhan. Berdoa dengan sungguh-sungguh dan dibarengi dengan ibadah yang lancar tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik serta positif.

Berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Usaha tanpa doa itu tidak ada artinya. Maka dari itu, berdoa kepada Tuhan dan serahkan semua kepada-Nya karena kalian sudah melakukan yang terbaik dan percaya bahwa jalur langit itu ada. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tips lolos sbmptn SBMPTN

Berita Lainnya