Dessert Sahur Praktis, Renyah dan Mengenyangkan | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg
Menu Buka dan Sahur

Dessert Sahur Praktis, Renyah dan Mengenyangkan

Apr 03, 2022 12:45
Sumber : tiktok.com/@gung_wahyuni
Sumber : tiktok.com/@gung_wahyuni

JATIMTIMES - Seorang ibu biasanya saat bulan puasa seperti ini dituntut untuk bangun  lebih awal karena harus memasak untuk sahur suami dan anak.  Tentunya Anda ingin menyajikan masakan yang enak dan sehat bukan untuk mereka bukan?

Ingin menyajikan masakan yang enak dan sehat bertolak belakang dengan rasa malas untuk bangun terlebih dahulu. Maka dari itu, agar keengganan untuk masak sahur tidak muncul, ini tips membuat makanan penutup saat sahur.

Biasanya, anak-anak maupun dewasa yang selalu bangun sahur tepat waktu akan merasa terlalu lama saat menunggu waktu imsak. Untuk mengatasi hal tersebut, buatlah makanan pencuci mulut yang mengenyangkan. Selain akan menambah kekuatan dalam berpuasa, menu dessert kali ini juga cukup simpel.

Salah satunya adalah bola-bola singkong keju. Menu pencuci mulut berbahan dasar singkong ini  bebas gluten, rendah kalori, lemak, dan gula.

Selain itu, singkong mengandung potasium tinggi seperti kentang. Singkong memiliki 558 miligram potasium untuk kebutuhan harian 16% hingga 21%. Kandungan lain adalah kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan asupan natrium. Sangat cocok bagi Anda penderita darah rendah yang kerap kali mengalami pusing kepala saat berpuasa.

Cara pembuatan bola-bola singkong keju ini cukup mudah. Dilansir dari video tiktok yang diunggah oleh Gung Wahyuni, Anda hanya perlu menyiapkan bahan sebagai berikut :

  • 90 gram keju cheddar, parut halus
  • 150 ml susu full cream
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 400 gram tape singkong
  • 2 sdm margarin
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 50-70 air mineral

 

imagee97774828f645a83.png

  1. Langkah pertama, Anda harus membuat sausnya terlebih dahulu dengan mencampurkan keju yang telah diparut halus, susu full cream dan 1 sendok makan tepung tapioka. Panaskan dengan api sedang hingga meleleh, lalu sisihkan.

    image6eb9c5a24f3cdd16.png
  2. Kemudian tumbuk halus tape singkong menggunakan garpu. Lalu, aduk dengan mencampurkan margarin, tepung terigu, serta gula pasir.

    image7893809d084d7178.png
  3. Selanjutnya, buatlah adonan yang nantinya akan digunakan untuk menggoreng bola-bola singkong. Campurkan gula pasir, tepung terigu dan air mineral secukupnya. Lalu aduk hingga mengental.

    image75d04312e4e20d5b.png
  4. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu membentuk bulat-bulat tape singkong yang telah dihaluskan, beri isian adonan saus campuran keju untuk dijadikan isian. Lalu, celupkan ke adonan tepung terigu. Untuk mempercantik tampila,  bulirkan pada tepung panir ataupun tepung roti.

    imagecbd98b973eccd56f.png
  5. Goreng menggunakan api sedang hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah matang angkat dan tiriskan. Beri hiasan sasus keju di atas bola-bola singkong keju. Bola-bola Singkong Keju siap disajikan untuk makanan pencuci mulut saat sahur.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Singkong Menu sahur praktis

Berita Lainnya