Nikmatnya Berbuka dengan Tongseng Tanpa Santan Dipadu Sate Kambing Muda yang Empuk nan Gurih | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg
Menu Buka dan Sahur

Nikmatnya Berbuka dengan Tongseng Tanpa Santan Dipadu Sate Kambing Muda yang Empuk nan Gurih

Apr 03, 2022 19:08
Tongseng tanpa santan dan sate kambing muda ala Depot Kurnia Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Tongseng tanpa santan dan sate kambing muda ala Depot Kurnia Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Beragam kuliner di Jombang bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa. Salah satunya tongseng yang dipadukan dengan sate kambing muda ini. Gurih pada tongseng dan empuknya daging kambing muda pastinya akan memanjakan lidah.

Tongseng yang satu ini berbeda dari biasanya, yakni dibuat tanpa menggunakan santan kelapa pada umumnya. Kuliner khas Jawa Tengah ini, diracik hanya menggunakan bumbu rempah.

Baca Juga : MPM Honda Jatim Kenalkan New Honda Genio, Skuter Matik Gaya Baru Makin Seru Berani Tampil Beda

Tongseng ini tidak meninggalkan ciri khasnya, yakni tetap menggunakan sayuran kol putih, irisan tomat dan yang jelas menggunakan daging sapi yang direbus bersama bumbu rempah ditambah kecap untuk pemanis.

Meski tanpa santan, tongseng yang satu ini masih terasa gurih, lezat dan manis. "Jadi tongseng ini kami racik dengan bumbu rempah-rempah. Karena banyak orang cenderung menghindari kolesterol, maka kami sajikan tanpa santan. Tapi tidak mengurangi rasa gurih dan nikmatnya," ujar pemilik Depot Kurnia, Yogas (45) saat diwawancarai wartawan, Minggu (3/4/2022).

Tongseng tanpa santan ini tidak disajikan sendirian. Masakan khas Jawa Tengah tersebut disajikan dengan sate kambing muda. Daging kambing muda dipilih oleh Yogas untuk menciptakan tekstur empuk saat disantap. Seperti pada umumnya, sate kambing muda diolah dengan cara dibakar. Namun, bumbu sate hanya menggunkan kecap, irisan bawang merah dan cabai tanpa bumbu kacang seperti sate biasanya.

Karena menggunakan daging kambing yang berusia muda, tekstur daging kambing ini terlihat juicy saat dibakar sehingga menggugah selera. Tentunya dengan bumbu kecap, rasa manis sangat kuat ketika daging kambing muda ini masuk ke dalam mulut.

"Kambing muda sengaja saya pilih karena lebih empuk dan tentunya sangat berbeda. Dimasak hanya dibakar dengan bumbu kecap, irisan tomat, bawang merah dan cabai. Rasanya manis khas kulonan," terangnya.

Tongseng tanpa santan berpadu sate kambing muda ini bisa ditemukan di Depot Kurnia, Jalan Anggrek, Desa Candimulyo, Jombang. Di hari biasa, depot ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. Namun, di bulan Ramadan ini hanya buka dari pukul 15.00-22.00 WIB.

Baca Juga : Kawasan Kayutangan Heritage Ditutup Selama Sore Akhir Pekan di Bulan Suci Ramadan

Menu yang satu ini juga sangat ramah di kantong. Satu porsi tongseng tanpa santan, 5 tusuk sate kambing muda dan sepiring nasi hanya dihargai Rp 25 ribu saja. "Sehari ini bisa habis 50-60 porsi dalam satu hari," kata Yogas.

Salah satu pelanggan, Handoko (35) mengaku ketagihan dengan menu tongseng tanpa santan dan sate kambing muda ini. Pria asal Ambon tersebut kerap datang menikmati masakan asli nusantara itu. Terlebih lagi saat bulan Ramadan ini, bisa jadi menu pilihan berbuka puasa.

Perpaduan yang lezat dari gurihnya tongseng tanpa santan, manisnya bumbu sate dan empuknya daging kambing muda ini, kata Handoko, membuat lidah tak ingin berhenti mengunyah.

"Rasanya nikmat, dagingnya empuk. Kuah tongsengnya terasa rempahnya. Terlebih lagi tanpa santan jadi ndak khawatir kolesterol," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
menu tongseng sate kambing muda

Berita Lainnya