Gus Baha: Hafal Satu Surat Ini Bisa Jadi Penyelamat Siksa Kubur | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Gus Baha: Hafal Satu Surat Ini Bisa Jadi Penyelamat Siksa Kubur

May 05, 2022 15:52
Gus Baha (Foto: IST)
Gus Baha (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ada satu surat dalam Alquran yang disebut bisa menjadi penyelamat kita dari siksa kubur kelak. 

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengatakan, surat itu bisa menyelamatkan dari siksa kubur jika kita hafal. Lantas apa surat di dalam Alquran yang dimaksud Gus Baha?

Dikutip dari kanal YouTube Kalam-Kajian Islam, berikut ulasannya: 

Baca Juga : 5 Negara Ini Cinta Mati dengan Kerupuk Indonesia, Ada Yang Rela Barter dengan Pesawat Tempur

Gus Baha mengatakan, dengan menghafal  surat tersebut dengan baik, maka siksa kubur tidak akan mendera kita atau menjadi penyelamat siksa kubur. “Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian dan tidak akan kekal di dunia. Setiap yang meninggal tentu akan dikuburkan,” kata Gus Baha. 

Di alam kubur akan ada malaikat yang akan bertanya tentang amalan dan perbuatan dosa kita. Bahkan siksa kubur tidak akan lepas dari setiap manusia yang berdosa.

Namun, dengan menghafal surat itu, meskipun tergolong orang yang fasik serta pernah membuat dosa, kita masih bisa selamat dari siksa kubur. 

Disebutkan Gus Baha, bahwa  surat itu adalah Surat Tabarak. Gus Baha menjelaskan Surat Tabarak akan menyelamatkan orang yang sering berbuat fasik dan dosa di masa hidupnya. 

Baca Juga : Macam-Macam Sikap Sabar serta Keutamaannya dalam Islam

Saat menginggal dan dikuburkan, surat ini akan menjadi penyelamat baginya dari siska kubur yang pedih. Menurut Gus Baha, malaikat tidak akan menyiksa orang-orang yang hafal Surat Tabarak.

"Surat Tabarak akhirnya menjelma menjadi seorang gagah berani. Kamu nggak boleh nyiksa orang ini. Saya ini kalamullah," kutip Gus Baha.

Gus Baha mengaku mempelajari khasiat dahsyat Surat Tabarak itu dari kitab tafsir Ibnu Katsir. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gus Baha Surat penyelamat siksa kubur

Berita Lainnya