Mau Lolos UTBK SBMPTN? Simak 4 Tips Jitu Ini | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Mau Lolos UTBK SBMPTN? Simak 4 Tips Jitu Ini

May 08, 2022 19:08
Ilustrasi UTBK SBMPTN (pixabay)
Ilustrasi UTBK SBMPTN (pixabay)

JATIMTIMES - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tak lama lagi bakal digelar. Pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun ini dibagi dua gelombang. Gelombang pertama dimulai pada 17-23 Mei 2022 dan UTBK SBMPTN gelombang kedua dimulai pada 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Karenanya, tentu para peserta harus melakukan persiapan agar nantinya dapat lolos dalam UTBK SBMPTN. Lantas, apa yang perlu disiapkan untuk menghadapinya? Jangan bingung, ini 4 tips jitu untuk memperbesar peluang lolos dalam UTBK SBMPTN dikutip dari laman Aku Pintar.

Baca Juga : Perosotan Kolam Renang Ambrol, Pengelola Kenpark Klaim Sudah Lakukan Proses Kalibrasi

1. Jangan cuma diperbanyak latihan soal, pahami juga konsepnya

Soal ujian dalam UTBK SBMPTN tak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Tentunya, semakin banyak berlatih dengan soal-soal, maka akan lebih mudah dalam mengerjakan soal UTBK SBMPTN.

Mencermati materi ujian, tentunya menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan. Peserta harus mempelajari dulu soal termudah hingga soal tersulit. Hal ini berlaku bila kita ingin lintas jurusan di UTBK 2022 dengan mengambil kelompok ujian IPC. Selain itu, dibutuhkan komitmen tinggi untuk mematuhi jadwal yang telah dibuat untuk berlatih soal-soal UTBK.

2. Rajin ikut Try Out dan cermati skor yang diperoleh

Untuk mengetahui hasil dari proses belajar, sesering mungkin ikuti try out yang ada. Saat ini banyak platform yang menyediakan tryout online. Mengikuti try out, akan membuat seseorang lebih terbiasa dan tenang dalam mengerjakan soal. 

Kemudian, hasil dari try out, bisa dijadikan bahan evaluasi, dengan hasil skor rerata yang lolos SBMPTN tahun sebelumnya.

3. Mencari informasi sedetail dan sebanyak mungkin tentang UTBK 2022

Sebelum benar-benar menghadapi ujian, peserta perlu mengumpulkan informasi tentang UTBK SBMPTN sedetail mungkin tentang aturan UTKB SBMPTN.

Selain itu, cermati juga dokumen-dokumen yang diperlukan, baik untuk pendaftaran maupun selama pelaksanaan ujian. Sehingga, dalam proses administrasi nantinya tidak menjadi kendala untuk mengikuti UTBK SBMPTN.

Baca Juga : Satu Anak Meninggal Suspect Hepatitis Akut, Bupati Tulungagung Sampaikan Tips Pencegahan untuk Masyarakat

4. Pantau peluang pada jurusan dan PTN incaran, petakan persaingan

Memantau peluang dan menyesuaikan kemampuan, menjadi hal yang  penting. Riset kecil-kecilan diperlukan untuk memuluskan jalan lolos dalam UTBK SBMPTN.

Selain skor rata-rata peserta yang lolos SBMPTN pada tahun sebelumnya, mencari tahu tentang kuota yang tersedia pada jurusan atau prodi yang diambil juga perlu diperhatikan.

Hal ini cukup penting menjadi pertimbangan. Dengan pemetaan yang baik, tentu dapat menimbang di mana posisi di antara para peserta SBMPTN yang lain. Sehingga, peserta dapat mempertimbangkan untuk lanjut pada prodi pilihan atau pindah prodi lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ujian Masuk Perguruan Tinggi UTBK SBMPTN

Berita Lainnya