Begini Rupa Mayat Manusia di Dalam Kubur Sesuai Amal Perbuatannya | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Begini Rupa Mayat Manusia di Dalam Kubur Sesuai Amal Perbuatannya

May 09, 2022 09:01
Ilustrasi kondisi mayat manusia didalam kubur sesuai amal perbuatannya (ist)
Ilustrasi kondisi mayat manusia didalam kubur sesuai amal perbuatannya (ist)

JATIMTIMES - Manusia yang telah meninggal, maka seluruh urusan yang berkaitan tentang dunia akan terhenti. Manusia akan menjalani fase selanjutnya di alam barzah. Namun, selama menjalani masa di alam kubur, rupa wajah manusi akan berubah. Lantas seperti apa rupa wajah manusia? Simak informasinya ini yang diolah dari channel Tafakkur Fiddin. 

Rupa mayat manusia akan berubah selama menjalani kehidupan di alam kubur. Hal itu juga disesuaikan dengan amal perbuatannya semasa hidup. Berikut dijelaskan rupa mayat manusia di alam kubur.

1. Mayat berwajah mirip babi

Baca Juga : Jelang Peringatan Kemerdekaan Israel 14 Mei, MUI Serukan Umat Muslim Baca Doa Qunut

Wajah mayat yang seperti ini, karena semasa hidupnya ia tidak pernah menjalankan perintah Allah, selalu meninggalkan salat lima waktu. Padahal alat lima waktu merupakan kewajiban utama seorang muslim.

Meskipun begitu, orang tersebut tidak pernah merasa bersalah karena meninggalkannya. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda, "Wahai para sahabatku, lihatlah keadaan orang yang meninggalkan salat. Di hari kiamat nanti akan dibangkitkan oleh Allah SWT seperti babi hutan yang hitam".

2. Kepala mayat berubah jadi batu hitam

Mayat yang seperti ini, mengindikasikan jika semasa hidupnya ia telah durhaka kepada kedua orang tua. Sebagai anak tentunya harus berbuat baik dan berbakti pada orang tua dan tidak lantas durhaka. Sebab, dosa kepada kedua orang tua akan disegerakan oleh Allah balasannya. Terlebih lagi ketika sudah meninggal, maka balasan dari Allah akan lebih pedih, bahkan kepala hingga berubah menjadi hitam legam.

"Ada dua pintu (amalan) yang disegerakan balasannya di dunia, kedzoliman dan durhaka (pada orang tua)" (HR Hakim dan dishohihkan Al Albani dalam ash Shohihah 1120).

3. Mayat yang perutnya buncit dan meletup

Mayat yang seperti ini mengindikasikan bahwa semasa hidupnya karena mengkonsumsi makanan dengan harta yang haram. Azab pedih tentunya akan didapatkan dengan api neraka disertai harta haram yang setiap saat mereka masukkan ke dalam perutnya.

Rasulullah SAW bersabda, "wahai Ka'abbi Ujrah, sesungguhnya tidaklah tumbuh setiap daging yang diberi asupan makanan yang haram mainkan neraka yang berhak membakarnya"(HR Ahmad dan at Tirmidzi, dinyatakan shahih Al Albani).

4. Mayat yang kukunya mencekam dan melilit tubuhnya

Baca Juga : Multivitamin Terbaik yang Penting Bagi Tubuh Ala Pakar Kesehatan dr Zaidul Akbar

Kondisi mayat yang seperti ini, karena semasa hidupnya suka berkelahi dan mengumpat seseorang. Perbuatan ini merupakan salah satu perbuatan yang tidak disukai Allah SWT. Sehingga, Allah SWT pun memberikan balasan bagi mereka yang melakukannya.

Diriwayatkan dari Abu Daud dari Anas, Rasulullah SAW bersabda,"pada malam aku di isra'kan, aku telah melalui suatu kaum yang mencakar-cakar muka mereka dengan kuku-kukunya sendiri, maka aku berkata ,"hai Jibril siapa mereka ini?". Jawab Jibril,"mereka ini adalah orang-orang yang suka mengumpat dan mereka ini juga menjaga tepi kain orang".

5. Mayat yang wajahnya tersenyum

Jika kondisi mayat tersebut seperti ini, maka ini pertanda semasa hidupnya ia merupakan orang yang berilmu dan beramal sholeh. Mereka dijanjikan untuk menjadi penduduk surga pada hari kiamat kelak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
mayat manusia wajah mayat

Berita Lainnya