5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam yang Disebutkan dalam Alquran, Salah Satunya Pohon Pisang | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam yang Disebutkan dalam Alquran, Salah Satunya Pohon Pisang

May 12, 2022 09:15
Pohon Pisang (Foto: Dijelas.in)
Pohon Pisang (Foto: Dijelas.in)

JATIMTIMES - Seluruh aspek kehidupan umat manusia memang sudah dijelaskan terperinci dalam kitab suci Alquran. Oleh sebab itu mengapa Alquran dijadikan sebagai sumber pengetahuan dan kunci ilmu kehidupan bagi umat Muslim.

Tidak hanya mengenai surga, neraka, bahkan cara mendapatkan pahala, dalam Alquran juga menjelaskan tentang tanaman hias.

Baca Juga : Halal Bihalal dengan Kepala Daerah Seluruh Jatim, Gubernur Khofifah ajak Optimis Bangkit

Ada banyak jenis tanaman hias yang disebutkan dalam Alquran. Beberapa di antaranya bahkan dikatakan bisa membawa keberuntungan dalam berbagai bentuk, termasuk rezeki. 

Beberapa jenis tanaman hias itu juga dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Diketahui, dahulu Rasulullah SAW menggunakan tanaman-tanaman hias itu sebagai sumber obat-obatan penunjang kesehatan dalam tubuh.

Setidaknya ada 5 jenis tanaman hias pembaca rezeki dalam Islam yang disebutkan dalam Alquran dan hadist Nabi Muhammad SAW. Berikut ulasannya dilansir dari laman The National News:

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman hias yang memiliki banyak manfaat. Saat ini, juga sudah banyak ditemukan lidah buaya dalam produk-produk kosmetik, perawatan rambut, pasta gigi hingga obat kumur.

Khasiat penyembuhan yang ada pada tanaman lidah buaya ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati kulit yang terbakar, ruam dan iritasi kulit. Bahkan jus dari tanaman ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan. 

2. Tanaman kurma

Tanaman kurma atau Phoenix dactylifera juga bisa membawa banyak rezeki dalam keluarga kita. Tak cuma itu, buahnya juga terasa manis dan kenyal.

Manfaat kurma untuk kesehatan juga banyak, di antaranya sebagai sumber penambah energi, membantu melancarkan pencernaan, mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung, serta buah yang bagus untuk dikonsumsi saat diet karena kaya akan vitamin dan mineral.

Berikut bunyi ayat Alquran yang menyebutkan pohon kurma:

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu," (QS. Maryam 26).

3. Pohon pisang

Pohon pisang atau Musa paradisiaca menghasilkan buah yang dianggap sebagai buah surga. Selain itu, pisang juga dikenal sebagai makanan filsuf karena saat dikonsumsi, pisang bisa mengaktifkan pikiran dan merangsang memori.

Pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh. Manfaat kesehatan dari pisang antara lain menurunkan berat badan dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Pohon pisang telah disebutkan dalam ayat Alquran yang berbunyi:

"Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)," (QS Al-Waqi’ah 29).

4. Pohon anggur

Pohon anggur merupakan jenis tanaman hias yang tumbuh secara merambat. Meskipun tidak berbunga cantik, pohon ini menghasilkan buah anggur yang segar dan nikmat.

Buah anggur bisa membantu melancarkan pencernaan, mendorong produksi darah serta mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Baca Juga : Kemilau HUT Ke-33, CEO FIFGROUP: Terus Berupaya Jadi Terbaik bagi Masyarakat

Ayat Alquran yang menyebutkan mengenai pohon anggur tertuang dalam surat Al-Isra’ ayat 91. Berikut bunyi ayatnya:

“Atau engkau mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur, lalu engkau alirkan di celah-celahnya sungai yang deras alirannya,” (QR Al-Isra’ 91).

5. Pohon zaitun

Pohon zaitun atau Olea europaea merupakan pohon yang paling sering di tanam di wilayah Timur Tengah. Pohonnya menghasilkan buah dengan nama yang sama yaitu zaitun. 

Buah zaitun ini adalah buah yang disebutkan berkali-kali dalam Alquran. Buah zaitun bisa dinikmati dengan semua jenis makanan atau dibuat menjadi minyak.

Manfaat dari buah ini membantu memecah batu ginjal, mengurangi diabetes dan rematik, serta sebagai buah penambah nafsu makan.

Salah satu firman Allah SWT yang menyebutkan tentang pohon zaitun tertuang dalam surat An-Nahl ayat 11. Berikut bunyinya:

"Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir," (QS. An-Nahl 11).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
buah surga Tanaman Hias

Berita Lainnya