Pengamat Prediksi Simulasi 3 Paslon di Pilpres 2024: Prabowo-Puan, Ganjar-Erick Thohir, dan Anies-AHY | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pengamat Prediksi Simulasi 3 Paslon di Pilpres 2024: Prabowo-Puan, Ganjar-Erick Thohir, dan Anies-AHY

May 20, 2022 12:33
Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Foto: IST)
Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Foto: IST)

JATIMTIMES - Pengamat politik Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai bahwa Pilpres 2024 mendatang bisa diikuti setidaknya 3 pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden.

Pangi menilai dengan sistem presidential threshold 20 persen, sulit untuk menciptakan sebanyak 4 paslon.

Baca Juga : Menko Airlangga Apresiasi Polri dalam Membantu Pemerintah Sukseskan Mudik dan Jaga Stabilitas Harga Pangan

"Kecuali PDIP mau mengusung dirinya sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain, itu bisa empat poros (paslon)," ujar Pangi dalam program talkshow Panggung Demokrasi Tribunnews, yang dikutip Jumat (20/5/2022) melalui YouTube Channel. 

Pangi lantas mengatakan bahwa dirinya telah membuat simulasi atau kemungkinan paslon capres-cawapres yang bisa saja terbentuk untuk 2024. Simulasi tersebut ada 2 versi. 

Berikut ulasannya pada simulasi pertama

1. Prabowo Subianto - Puan Maharani

Menurut Pangi, poros koalisi pertama yang mungkin terbentuk adalah PDIP-Gerindra dengan mengusung Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Jika PDIP berniat mengajukan Puan di Pilpres, Pangi menilai posisi yang cocok adalah di calon wakil presiden.

Selain koalisi dengan Gerindra, PDIP juga menggaet Nasdem untuk mengusung Anies Baswedan - Puan Maharani sebagai paslon di poros pertama.

2. Ganjar Pranowo - Erick Thohir

Di poros koalisi kedua, bisa saja Ganjar Pranowo akan diusung Golkar, PPP, PAN, dan PKB bila tidak diusung oleh PDIP. Menurutnya, poros kedua ini bisa saja menghadirkan duet Ganjar Pranowo dengan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Ada juga alternatif untuk mengusung Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto sebagai paslon poros kedua.

3. Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Kemudian di poros ketiga, bisa saja mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pengusungnya adalah koalisi Nasdem, PKS, dan Demokrat.

Berikut simulasi kedua:

1. Ganjar Pranowo - Erick Thohir

Pangi mengungkapkan, bila PDIP akhirnya mengusung Ganjar Pranowo, bisa saja diduetkan denga Erick Thohir bila mereka berkoalisi dengan PKB.

Selain itu, alternatif lain adalah Ganjar diduetkan dengan Gubernur Jawa Tmur Khofifah Indar Parawangsa.

Baca Juga : Pilpres 2024 Berpeluang Dua Putaran, Prabowo - Anies Bersaing Ketat

2. Prabowo Subianto - Ridwan Kamil

Pasangan Prabowo Subianto dengan Ridwan Kamil juga bisa diusung apabila Gerindra mau bergabung dengan poros Golkar-PAN-PPP yang sudah berkoalisi.

Dengan koalisi partai-partai itu, Pangi menyebut pasangan alternatif lainnya ialah Prabowo-Sandiaga Uno atau Prabowo-Airlangga.

3. Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono

Tak berbeda dengan simulasi pertama, Pangi menilai poros ketiga ini akan diisi duet Anies-AHY. Poros ketiga bisa diusung oleh PKS dan Demokrat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
simulasi capres Capres 2024

Berita Lainnya