Jelang Ijen Geopark, Ribuan Karyawan Pemkab Bondowoso Bersih-bersih Jalan Kawah Ijen | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Jelang Ijen Geopark, Ribuan Karyawan Pemkab Bondowoso Bersih-bersih Jalan Kawah Ijen

May 28, 2022 18:15
Karyawan dari Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi (BSBK) sedang Bersih-Bersih jalan (Foto: Abror Rosi/JatimTIMES)
Karyawan dari Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi (BSBK) sedang Bersih-Bersih jalan (Foto: Abror Rosi/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sekitar seribu karyawan Pemerintah Kabupaten Bondowoso dibantu personel TNI, Polri, PT. Medco Geotermal dan PTPN XII Ijen saling bahu-membahu membersihkan dan memperbaiki Jl. Kawah Ijen sepanjang 29 Km, Sabtu (28/5/2022). Mulai dari Kecamatan Sumber Wringin hingga pos Paltuding atau lokasi wisata kawah ijen, Kecamatan Ijen menjadi sasarannya.

Serbuan kerja bakti itu dilakukan dalam rangka turut mensukseskan wisata Ijen menuju UNESCO Global Geopark. Kerja bakti bersih-bersih jalan itu dilakukan sejak Kamis 26 Mei hingga esok, Minggu 29 Mei. 

Baca Juga : Dispemasdes Kabupaten Jember Gelar Pasar Murah di Kantor Kecamatan Pakusari

Pantauan di lapangan, selain tim dari 17 OPD, 23 kecamatan se-Bondowoso juga mengerahkan karyawannya masing-masing. Mulai dari alat sederhana seperti sabit, cangkul hingga alat berat juga dikerahkan. Semak yang selama ini mengganggu badan jalan dipapas. Bekas longsoran tanah juga dibersihkan. Tak ketinggalan, beberapa jembatan di sepanjang jalan tak luput dari perbaikan. 

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat meninjau secara langsung jalannya kerja bakti. Sesampainya di pos paltuding atau lokasi wisata kawah ijen, Wabup Irwan juga meninjau sarana dan prasarana kawasan wisata. Seperti toilet dan lapak pedagang.

Melihat kekompakan dan antusiasme dari seluruh pihak yang begitu besar terhadap kebersihan lingkungan, Wabup Irwan mengaku senang. Karena kekompakan yang terbangun, menurutnya adalah bentuk etos kerja demi mengenalkan Bondowoso pada kancah dunia.

"Alhamdulillah kita kompak. Bersama melakukan bersih-bersih demi mensukseskan Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark," terangnya usai meninjau pengaspalan jalan menuju wisata Blawan. 

Baca Juga : Bupati Sanusi Tunggu Realisasi Bantuan dari BNPB untuk Korban Gempa

Diberitakan sebelumnya, Tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) dijadwalkan akan melakukan penilaian Ijen Geopark pada 8-13 Juni 2022 mendatang. Ada lima titik yang akan ditinjau oleh tim assessment. Yaitu Kawah Wurung, Kluncing, Lava Plalangan, pemandian air panas Blawan dan Paltuding. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kawah Ijen Kabupaten Bondowoso

Berita Lainnya