Lewat Program J-Terak, Ratusan Warga Jember Jalani Operasi Katarak Gratis | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Lewat Program J-Terak, Ratusan Warga Jember Jalani Operasi Katarak Gratis

May 29, 2022 19:14
Petugas medis dari John Fawcett Foundation saat memeriksa mata pasien (foto : infokom / Jember TIMES)
Petugas medis dari John Fawcett Foundation saat memeriksa mata pasien (foto : infokom / Jember TIMES)

JATIMTIMES – Guna meminimalisir warga Jember yang memiliki penyakit mata katarak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jumat (27/5/2022) lalu melaunching program J-Terak (Jember Tindakan Eliminasi Katarak). Kegiatan yang digagas Pemkab Jember bersama John Fawcett Foundation ini berlangsung selama 4 hari dan berakhir Senin (30/5/2022) besok.

Pelaksanaan J-Terak dalam 3 hari ini, sampai pada Minggu (29/5/2022), sedikitnya ratusan warga telah mengikuti operasi katarak secara gratis yang dilakukan di RSD dr. Soebandi Jember. “Selama 3 hari sudah ada 245 warga yang menjalani operasi mata katarak. Dengan rincian pada hari pertama sebanyak 101 orang, hari kedua 37 orang dan hari ketiga 107 orang,” ujar Dirut RSD dr. Soebandi Jember dr. Hendro Sulistijono, Minggu (29/5/2022).

Baca Juga : Keren, Kandang Kambing Disulap Jadi Lokasi Pameran Karya Lukis

Selain melakukan operasi mata katarak, kegiatan J-Terak juga melakukan operasi mata kepada seribu lebih warga Jember serta ratusan warga lainnya mendapatkan bantuan kacamata dan 18 orang mendapatkan bantuan mata palsu.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto kepada sejumlah wartawan menyatakan, bahwa program J-Terak ini ke depannya akan terus ditingkatkan. Bahkan pihaknya memerintahkan kepada RSD dr. Soebandi Jember bersama Dinkes untuk melakukan kegiatan ini minimal 3 bulan sekali.

“Kami akan terus meningkatkan layanan operasi mata katarak, pemeriksaan dan pemberian bantuan obat, mata palsu dan juga kacamata secara gratis kepada masyarakat Jember. Ke depan kegiatan ini akan kami gelar setidaknya 3 bulan sekali dan warga yang akan mengikuti oeprasi ini bisa melakukan pendaftaran, karena sebelum menjalani operasi akan dilakukan screening terlebih dahulu,” ujar Hendy.

Sementara dari pantauan media ini, ratusan warga terlihat tertib dalam mengantre untuk mendapatkan giliran menjalani operasi mata di RSD dr. Soebandi. Imam salah satu warga yang mengikuti pemeriksaan dalam kegiatan J-Terak mengatakan, bahwa dirinya merasakan sakit pada matanya dalam satu tahun terakhir, sehingga saat mendapat informasi adanya pemeriksaan mata gratis yang digelar oleh Pemkab Jember dirinya langsung mendaftar.

Baca Juga : 3500 Lansia Senam Bareng Bupati Jember, Semarak Warnai Hari Lanjut Usia Nasional

“Alhamdulillah bisa ikut pengobatan mata gratis yang digelar oleh Pemkab Jember. Selama ini saya merasakan sakit pada kepala, saat dibuat melihat tulisan dari jarak dekat, tulisan kabur, dan kepala terasa pusing. Selain itu air mata seperti keluar terus,” pungkas Imam (ADV).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
program j terak Operasi Katarak Gratis

Berita Lainnya