Manfaat Luar Biasa Kuah Soto, Bantu Atasi Penyakit Maag dan Asam Lambung | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Manfaat Luar Biasa Kuah Soto, Bantu Atasi Penyakit Maag dan Asam Lambung

Jun 05, 2022 08:20
Soto (Foto: Sajian Sedap)
Soto (Foto: Sajian Sedap)

JATIMTIMES - Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat enak. Memiliki rasa yang lezat, banyak orang yang menyukai makanan berkuah ini. Namun tak banyak yang tahu, kuah soto ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal itu diungkap oleh dr. Zaidul Akbar

dr. Zaidul Akbar mengatakan bahwa soto bisa membantu mengatasi sakit maag dan asam lambung. Seperti diketahui, kuah soto biasanya terbuat dari hasil rebusan kaldu atau rebusan jamur dengan kandungan residu yang rendah.

Baca Juga : Warung Sego Sambel Kasemo, Masakan Pejabat Harga Merakyat

Kaldu tulang dan jamur mungkin bukan hal pertama yang terlintas saat memikirkan makanan sehat yang mampu sembuhkan penyakit. Namun menurut dr. Zaidul Akbar, kaldu tulang dan jamur pada soto itu memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak bisa disepelekan.

Kaldu tulang dan jamur yang ada pada soto punya beragam manfaat seperti memperbaiki usus bocor atau yang biasa dikenal leaky gut. Kuah soto dari kaldu tulang sapi asli juga mampu mengurangi peradangan dan nyeri sendi.

Hal Ini disebabkan karena kandungan mineral penting untuk tubuh yang mampu menenangkan pikiran dan membantu tidur lebih baik. Kaldu tulang yang ada pada soto sangat baik dikonsumsi pada berbagai usia, terlebih bagi para manula dan lansia karena kaldu tulang ini dipercaya mampu mencegah penyakit osteoporosis.

Selain membantu meredakan produksi asam lambung yang tinggi dan penyakit maag, kuah soto yang mengandung kaldu tulang atau jamur punya manfaat untuk ibu yang tengah menyusui.

Baca Juga : Seorang Pemuda Edarkan Ratusan Pil Double L, Ngaku Dipasok Bandar di Lapas Lowokwaru

"Buat anak-anak sangat baik dan juga buat ibu menyusui bisa untuk booster asi," kata dr. Zaidul Akbar.

Selain kaya manfaat, kaldu yang terbuat dari rebusan tulang sangat mudah dijumpai pada olahan hidangan lain. Tak hanya soto, rebusan tulang sapi dan jamur juga bisa digunakan untuk campuran pada sup iga, coto, dan rawon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kuah soto manfaat kuah soto

Berita Lainnya