Rahasia Lambung Sehat Bebas Maag ala Dokter Saddam Ismail | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Rahasia Lambung Sehat Bebas Maag ala Dokter Saddam Ismail

Jun 19, 2022 08:39
Ilustrasi (Foto: Facebook)
Ilustrasi (Foto: Facebook)

JATIMTIMES - Seorang dokter yang juga merupakan healthy vlogger dr Saddam Ismail menyebut sakit maag sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan termasuk gejala penyakit pada umumnya.

Sakit maag disebabkan oleh asam lambung yang tidak normal sehingga menyebabkan iritasi di permukaan lambung. Kondisi itu terjadi karena asam lambung naik hingga ke kerongkongan yang bisa menimbulkan beberapa gejala yang disebut dengan penyakit asam lambung.

Baca Juga : Segarnya Minuman Degan Bakar Rempah, Unik dan Kaya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

"Cara penanganan penyakit lambung teman-teman penting sekali baik secara medis maupun cara alami ataupun herbal," ujar  Saddam Ismail.

"Penyakit lambung itu bisa diobati dan juga bisa dicegah," lanjut Saddam, dikutip dari kanal Youtube Saddam Ismail Minggu (19/6/2022). 

Saddam lantas membagikan cara yang paling mudah untuk mengatasi sakit maag. Yaitu dengan menjaga pola makan, mengatur waktu makan dan sesuaikan porsinya. Selain itu, hindari makanan pantangan seperti makanan pedas, makanan berlemak, makanan bersantan, makanan yang terlalu manis dan makanan yang bersifat asam.

Lantas apa saja makanan yang bisa mengatasi asam lambung? Berikut dua bahan alami yang bisa membantu sembuhkan sakit maag menurut Saddam Ismail: 

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan herbal yang bisa mengatasi sakit maag karena bahan aktif dan juga antioksidan, yakni curcumin. Kandungan curcumin ini berfungsi sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri serta antikanker.

Selain itu, kunyit mengandung polifenol. Kandungan ini bisa membantu mengatasi peradangan lambung dan untuk mencegah gastritis.

Baca Juga : 300 Ekor Sapi Perah di Pujon Divaksin Darurat

"Karena kandungan tadi ya kunyit ini berfungsi ataupun bermanfaat yang mengurangi jumlah dan juga keasaman cairan lambung," kata Saddam Ismail.

2. Madu hitam

Seperti diketahui, madu hitam ini kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan rusaknya sel-sel lapisan saluran pencernaan.

Madu juga bisa membantu meringankan gejala naiknya asam lambung dengan mengurangi peradangan dan melapisi selaput lendir tenggorokan. Menurut Saddam, madu hitam mengandung polifenol dan bersifat antibakteri.

Semakin gelap warna madu justru semakin tinggi sifat antioksidan dan juga anti bakterinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Mengatasi maag Dokter Saddam Ismail

Berita Lainnya