Api Porprov Jawa Timur Diambil dari Kawah Ijen | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Api Porprov Jawa Timur Diambil dari Kawah Ijen

Jun 20, 2022 19:38
Sekretaris Daerah Bondowoso Bambang Soekwamto menyerahkan api Porprov kepada Wabup Irwan (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Sekretaris Daerah Bondowoso Bambang Soekwamto menyerahkan api Porprov kepada Wabup Irwan (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Sebelum perhelatan pekan olahraga provinsi (Porprov) ke VII Jawa Timur 2022 dibuka secara seremonial, penyelenggara melaksanakan kirab api biru Porprov Jawa Timur. 

Kirab dimulai pada Senin (20/6/2022) menuju empat kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov Jatim. Yakni secara berurutan dari Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Lumajang, kemudian Jember. Menariknya, api yang dikirab tersebut diambil langsung dari blue fire (api biru) Kawah Ijen, Bondowoso, Senin (20/6/2022) dini hari. 

Baca Juga : Liga Santri Piala Kasad Dimulai, Wilayah Blitar Raya dan Tulungagung Dibuka di Stadion Supriyadi

Bupati Bondowoso Salwa Arifin usai menerima penyerahan  api biru dari atlet, menerangkan, api yang diarak merupakan api biru (blue fire) yang diambil secara langsung di Kecamatan Ijen. 

"Yaitu blue fire, sebagaimana kita tahu hanya ada dua api biru di dunia ini. Yaitu satu dari Bondowoso, satunya lagi di Islandia," urainya. 

Ditambahkan oleh Sekretaris Daerah Bondowoso yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Porprov Kabupaten Bambang Soekwanto, bahwa pengambilan api biru di Kawah Ijen tujuannya sebagaimana disampaikan Gubernur Jatim agar bisa berdampak positif bagi Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Karena, seperti diketahui bahwa api biru tersebut di dunia hanya ada dua. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum III Komite Olahraga Indonesia (KONI) Jawa Timur Dedy Suhayadi menerangkan, bahwa pihaknya sengaja mengambil api biru di Kawah Ijen sebagai upaya mendorong sport tourism di Jawa Timur. Khususnya Bondowoso yang menjadi tuan rumah Porprov tahun ini. 

"Kita pingin mengangkat, mendorong kembali UKM-nya harus bangkit. Ada sport tourism, ada sport industri," tuturnya. 

Untuk informasi, sebanyak 416 atlet asal Bondowoso yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VII - 2022 membawa obor api biru Porprov. Yakni, dengan dikirab dari Wisma Wakil Bupati Bondowoso menuju Pendapa Kabupaten atau sekitar 2 kilometer. 

Baca Juga : Warga dan Pengembang Darmo Hill Berselisih, Wawali Kota Surabaya Minta Penyerahan Fasum dan Fasos Dipercepat

Pantauan di lapangan, api biru tersebut terlebih dahulu diambil langsung dari Kawah Ijen, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Selanjutnya, api biru Porprov diarak oleh penyelenggara berkeliling Bumi Ki Ronggo. Yakni, dari Paltuding- Kecamatan Ijen, Kampung Kopi Kluncing- Kecamatan Sumber Wringin, Kecamatan Sukosari, Pertigaan Gardu Atak - Kecamatan Tapen. Berikutnya menuju Pasar Wonosari - Kecamatan Wonosari, Kecamatan Pujer, Bundaran Nangkaan. 

Tiba di kawasan Kecamatan Kota (Bondowoso), api biru diserahkan kepada Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat oleh Sekretaris Daerah Bondowoso Bambang Soekwanto di Wisma Wakil Bupati, Jalan Ahmad Yani. 

Dari Wabup Irwan diserahkan kepada perwakilan atlet yang selanjutnya dikirab oleh ratusan atlet, drumband, hingga kesenian Singo Ulung menuju Pendapa Kabupaten Bondowoso. Api biru Porprov selanjutnya akan dibiarkan tetap menyala di pendapa kabupaten sebelum akhirnya diestafetkan ke Kabupaten Situbondo, Selasa (21/6/2022) sore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Porprov jatim kirab api biru porprov

Berita Lainnya