Tegas! PDIP Tak Mau Koalisi dengan Demokrat dan PKS di 2024 | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tegas! PDIP Tak Mau Koalisi dengan Demokrat dan PKS di 2024

Jun 23, 2022 12:57
Megawati Soekarnoputri (Foto: IST)
Megawati Soekarnoputri (Foto: IST)

JATIMTIMES - PDI Perjuangan menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS menuju Pilpres 2024 mendatang. Hal itu ditegaskan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. 

Hasto menegaskan, partainya sulit untuk menjalin kerja sama atau koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS dalam menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024. Ia bahkan menyatakan enggan untuk menjalin koalisi dengan PKS. 

Baca Juga : Unikama Gelar Dialog Nasional, Pembasisan Pancasila di Era Disrupsi Jadi Isu Strategis

Hasto menilai kedua partai tersebut memiliki karakteristik pendukung dan prinsip politik yang berbeda dengan PDI Perjuangan.

"Kalau dengan PKS tidak," kata Hasto Kamis (23/6/2022).

"Saya pribadi sebagai Sekjen memang tidak mudah untuk bekerja sama dengan Partai Demokrat karena dalam berbagai dinamika politik menunjukkan hal itu," ujar Hasto. 

Lebih lanjut, Hasto secara khusus mengomentari hubungan partainya dengan Demokrat. Hasto menyebut basis pendukung PDI Perjuangan adalah wong cilik yang tidak menyukai kamuflase dalam berpolitik.

Menurutnya, karakteristik itu yang membuat PDI Perjuangan sulit bekerja sama dengan partai yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu.

Baca Juga : Jadi Organisasi Sayap Pemuda Gerindra, Tidar Siapkan Kader Pemimpin Jelang 2024

Di sisi lain, hingga saat ini PDI Perjuangan masih belum menentukan arah kerja sama atau koalisi partainya untuk menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang. Namun, Hasto memastikan akan tiba waktunya PDIP menjalin komunikasi intens dengan partai-partai lain untuk membahas soal capres.

Hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan dari Demokrat atau PKS terkait penolakan PDIP untuk berkoalisi di Pilpres 2024 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PDI Perjuangan Pilpres 2024

Berita Lainnya