Kominfo Siap Blokir Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga Google per 20 Juli Jika Tak Melakukan Hal Ini | Bondowoso TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kominfo Siap Blokir Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga Google per 20 Juli Jika Tak Melakukan Hal Ini

Jun 25, 2022 12:52
Social media (Foto: fribe-design)
Social media (Foto: fribe-design)

JATIMTIMES - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) disebut akan memblokir beberapa media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga Google. Pemblokiran itu dilakukan mulai 20 Juli 2022 mendatang. 

Tak main-main dengan regulasi, pemerintah siap memblokir aplikasi sosial media kenamaan tersebut. Selain, Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga Google platform streaming juga siap diblokir.

Baca Juga : Beli Minyak Goreng Rp 14 Ribu Pakai PeduliLindungi atau NIK, Sosialisasi Mulai Senin Depan

Di antaranya Netflix, Twitter, Telegram, hingga Zoom juga ikut berpotensi untuk diblokir aksesnya. Pemblokiran media sosial ini karena mereka belum mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat.

Pendaftaran PSE lingkup privat sendiri akan berakhir pada 20 Juli 2022. Mengutip dari wawancara Kompas.com, Kominfo mengimbau pada para PSE lingkup privat untuk segera mendaftar ke Kominfo.

"Sebab, batas waktu pendaftaran PSE Lingkup Privat, baik domestik maupun asing, melalui sistem online single submission-risk based approach (OSS-RBA) akan berakhir pada 20 Juli 2022," kata Stafsus Kominfo Dedy Permadi dikutip Sabtu (25/6/2022). 

Jika lewat masa tenggat belum mendaftar, akses dari platform milik PSE Lingkup Privat berpotensi diblokir. Hal itu sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang dijadwalkan akan berlaku pada 20 Juli 2022.

Sebagai informasi, Kominfo telah menerima data, ada lebih dari 4.500 PSE Lingkup Private yang sudah terdaftar.

"Sejak tahun 2015 hingga 22 Juni 2022, ada sebanyak 4.540 PSE yang terdiri dari 4.472 PSE domestik dan 68 PSE Asing Lingkup Privat, telah melakukan pendaftaran," ucap Dedy.

Jumlah itu meningkat sejak tahun lalu. PSE tersebut berasal dari platform domestik maupun asing.

Berikut beberapa PSE yang sudah terdaftar di Kominfo:

PSE Domestik

- Gojek/GoPay

- Tokopedia

- Grab

- Shopee/ShopeePay

- Bukalapak

- BliBli

- Lazada

- Tiket.com

- BCA

- Mandiri

- JNT

- SiCepat

- Traveloka

- Stockbit

- Bibit

- Ajaib

- LinkAja

- Viu

- XL Axiata

- Telkomsel

- by.U

- Smartfren

PSE Asing

- HELO

- TikTok

- TikTok Shop

- Spotify

- Capcut

- Resso

- Ragnarok X: Next Generation

- DailyMotion

- ShareIt

- Linktree

- Change.org

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kemkominfo Media Sosial

Berita Lainnya