Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Sempat Tak Bisa Diakses, Google Docs Sudah Dipulihkan Kominfo

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

22 - Sep - 2023, 12:11

Google Docs tak bisa diakses sejak Kamis (21/9/2023) malam. (Foto: X)
Google Docs tak bisa diakses sejak Kamis (21/9/2023) malam. (Foto: X)

JATIMTIMES - Sejak Kamis (21/9/2023) malam hingga Jumat (22/9/2023) pukul 11.42 WIB, Google Docs masih trending di platform Twitter. Hal itu lantaran Google Docs sempat tak bisa diakses karena menurut warganet diblokir oleh Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Saat dicek, Google Docs masuk dalam daftar blokiran Kominfo. (Foto: X)

Saat dicek, Google Docs masuk dalam daftar blokiran Kominfo. (Foto: X)

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Status Online di Fouad WhatsApp

Kabar Google Docs tak bisa diakses itu diawali dari unggahan akun X (Twitter) @irfan3. "Apakah google docs down atau apa," tulis akun tersebut dengan mengunggah bukti Google Docs tak bisa diakses. 

"Apakah pemerintah Indonesia baru saja memblokir Google Docs? Sepertinya begitu," sambung keterangan akun tersebut. 

Sontak unggahan itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang heran bagaimana bisa Kominfo memblokir Google Docs. 

"Yang bener aja ya ni google docs sama spreadsheet kena block internet positif. Tulung dong," tulis @noo*****

"Google Docs diblokir jd internet positif di Indihome. Ini gimana ceritanya woy? Orang kerja gimana ini? Mau bayar gaji gue lo?" keluh @Sha****

"Heh? Ini seriusan Google Docs diblokir? Ini terus kerjanya gimana? Ga ada pengumuman, ga ada apa-apa tiba2 ga bisa dibuka," ungkap @ly******

Setelah ditelusuri pada Jumat (22/9/2023) pukul 11.48 WIB, Google Docs sudah bisa diakses kembali. Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo (Dirjen IKP), Usman Kansong, pihaknya telah memulihkan akses ke sejumlah layanan milik Google. Seperti Google Docs, Google Sheets, hingga Google Slides, pada Jumat (22/9/2023) pagi.

"Sudah dipulihkan (akses ke layanan Google Docs, dll)," kata Usman, dikutip Kompastekno, Jumat (22/9/2023). 

Lebih lanjut Usman menjelaskan jika layanan Google Docs, Sheets, dan lainnya itu sempat tidak bisa diakses karena kesalahan teknis, bukan masuk daftar blokir Trust Positif Kominfo.

"Tidak masuk daftar blokir, hanya karena problem teknis," ujar Usman.

Hingga Jumat (22/9/2023) kata kunci "Google Docs" masih menjadi trending di X dengan 303 ribu cuitan. 

Baca Juga : Viral, Relawan Ganjar Pranowo Diduga Kampanye Lewat Acara K-pop

Sebagai informasi tambahan, Google Docs atau Google Dokumen adalah sebuah layanan pengolah kata, yang merupakan bagian dari suite Google Docs Editors dari Google. Suite tersebut juga terdiri dari Google Sheets, Google Sites,Google Slides,Google Form (Google Formulir), Google Draw, dan Google Keep. 

Dengan Google Docs, Anda bisa membuat, mengedit, dan berbagi dokumen agar lebih mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Google Docs merupakan fitur pertama yang memberikan sebuah inovasi pengeditan dokumen secara online yang bisa dilakukan secara tim atau bersama-sama.

Berikut ini beberapa manfaat dan kelebihan Google Docs: 

- Fungsi penyimpanan secara otomatis pada Google Docs membuat perubahan apapun terhadap dokumen yang Anda buat akan tersimpan secara otomatis. Tidak perlu khawatir file tidak tersimpan saat komputer Anda tiba-tiba mati.

- Google docs dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan bantuan perangkat seperti laptop maupun handphone. Selama Anda terhubung ke internet, Anda bisa membuka Google Docs melalui Google Drive. 

- Google Dapat mempermudah Anda untuk berkolaborasi dengan tim untuk menyelesaikan suatu tugas. 

- Pada Google Docs Anda juga dapat memberikan komentar terhadap dokumen yang telah dibuat.

- Kelebihan lainnya yaitu Google Docs juga bisa mengubah file PDF menjadi Word dengan mudah. Hanya dengan mengunggah file PDF yang ingin diubah ke Google Docs, kemudian Klik File lalu pilih Download As Microsoft Word (docx.). Setelah itu dokumen Word sudah bisa Anda edit. 


Topik

Tekno Google Docs Kominfo trending blokir


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Bondowoso Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri